javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Jumat, 19 Agustus 2011

Tol Semarang-Ungaran Diuji Coba Besok

Tidak Dipungut Biaya

SEMARANG - Jalan tol seksi I Semarang-Ungaran akan diuji coba Sabtu besok. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto direncanakan hadir dalam acara tersebut.

Para pemudik tahun ini pun bisa menggunakan jalan bebas hambatan sepanjang 14 kilometer itu. Gubernur Bibit Waluyo menyatakan, selama uji coba pengguna jalan tol tak dipungut biaya alias gratis.

Dinas Bina Marga dan petugas lalu lintas dari aparat kepolisian dan institusi terkait telah siap mengoperasikan dan mengawasi pelaksanaan uji coba tersebut. ”Sementara tidak mbayar sebagai uji coba dulu, tapi kelak yo mbayar,” katanya di Gedung DPRD Jateng, kemarin.

Bibit belum bisa memastikan berapa lama jalan tol ini diuji coba. Dia juga tak memastikan berapa lama pemakai jalan tol melewatinya dengan cuma-cuma.

Kebijakan itu masih akan dibahas sambil menunggu evaluasi pelaksanaan. Uji coba digelar untuk mengetahui kekurangan sebelum resmi beroperasi.

Namun, jenis kendaraan yang boleh lewat masih dibatasi. Hanya mobil pribadi yang bisa melintasi jalur tersebut. Kendaraan berat tidak diperbolehkan.

Pasalnya, pintu keluar jalan tol itu belum mampu menampung beban kendaraan berat. Jumlah kendaraan yang diperbolehkan melewati jalan tol juga akan dibatasi.

Pengoperasian jalan tol bertujuan mengurai kemacetan di sejumlah titik di Kota Semarang saat arus mudik dan balik Lebaran. Terutama di kawasan Watu Gong, Banyumanik.

Mudik

Bibit juga mengemukakan rencananya melepas kepergian warga provinsi ini yang hendak pulang kampung dari Jakarta. Bersama Ketua DPRD Jateng Murdoko, dia akan melepas masyarakat yang mudik pada 23 Agustus nanti.

Pemprov Jateng dan jajarannya sudah menyiapkan 190 bus untuk mengangkut pemudik Lebaran.

Sebanyak 70 bus berasal dari pemprov dan pemerintah kabupaten/kota. Sebanyak 50 bus dari Bank Jateng.

Komisaris Utama PT TMJ Danang Atmodjo menyatakan pihaknya belum menentukan tarif yang akan dikenakan bagi pengguna jalan tol Semarang-Ungaran.

Ada kemungkinan tarif jalan tol itu mencapai Rp 5.000. ”Namun, nilai nominal ini masih dibahas lebih lanjut sehingga belum ada penetapan,” tandasnya. (J17-65)
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar