javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
INFO : REUNI AKBAR SMP N 2 SIMO BOYOLALI 2017 BULAN DESEMBER 2017....AYOO BERGABUNG (Info&Pendaftaran : 085727059929)

cari di blog ini

Sabtu, 20 Agustus 2011

hari ini, Jalan tol Semarang-Ungaran dibuka untuk umum


Semarang, Penggalan jalan tol Semarang – Solo di seksi I ruas Semarang – Ungaran sepanjang 14.1 kilometer, Jum’at (19/8) akan beroperasi perdana setelah sempat proyek tol ini sempat terbengkalai sejak mulai dibangun 2009. Pembukaan uji coba jalan tol untuk keperluan arus mudik itu dilaksanakan oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo di pintu tol gerbang tol Banyumanik, Kota Semarang sekitar pukul 08.00 pagi nanti.


Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo memastikan bahwa hari ini, Sabtu (20/8) jalan tol Semarang – Solo seksi 1 (Semarang – Ungaran) mulai dibuka untuk umum. Hal ini sebagai langkah awal untuk mengenalkan jalan ini kepada masyarakat sekaligus untuk diujicoba.
“Saya pastikan penggalan pertama jalan tol Semarang -Solo mulai dibuka tanggal 20 Agustus atau H – 10 lebaran ini,” ungkap Gubernur usai rapat anggaran dengan DPRD Jawa Tengah kemarin.

Pengoperasionalan jalan tol ini, kata Gubernur, diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang sering terjadi di jalur Semarang sampai Ungaran. Kepadatan arus lalulintas di jalur utama ke Yogyakarta dan Surakarta ini sudah sangat tinggi, apalagi saat arus mudik dan balik lebaran.
“Untuk ujicoba pada masa lebaran kali ini pengguna jalan tol Semarang – Ungaran tidak dipungut beaya, alias gratis,” jelas Gubernur.

Lebih lanjut Gubernur menjelaskan, pengoperasionalan jalan tol ini untuk sementara hanya diperuntukkan bagi kendaraan kecil dengan bobot maksimal seperempat ton. Pasalnya rute penggalan pertama tol Semarang – Solo  ini masih pendek dan pintu keluar tol (interchange) di Ungaran belum betul betul siap.

Komisaris Utama PT Trans Marga Jateng, Danang Atmodjo mengemukakan, uji coba jalan tol ini sementara untuk kendaraan atau mobil kecil. Uji coba untuk operasional mobil kecil tujuannya supaya pintu keluar tol di Ungaran, Kabupaten Semarang juga tidak macet. Danang Atmodjo mengatakan, seluruh kendaraan pribadi yang masuk dan melintas di jalan tol ini gratis alias tidak dipungut biaya tiket tol. Nantinya, apabila tol sudah berfungsi normal, tiket jalan tol Semarang – Solo kemungkinan sebesar 5.000 rupiah untuk kendaraan kecil.