javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Rabu, 03 Agustus 2011

46 Subkontraktor Belum Dibayar

  • Penggarap Tol Seksi I

UNGARAN - Sebanyak 46 subkontraktor penggarap tol seksi I atau Semarang - Ungaran, ruas tol Kalirejo - Beji, hingga kemarin belum menerima bayaran.

Mereka berharap mendapat bayaran secepatnya dari pihak Trans Marga Jateng (TMJ), mengingat pengerjaan tol sudah diselesaikannya. Pimpinan salah satu Subkontraktor penggarap, UD Karya Jaya, Safii saat dikonfirmasi kemarin mengatakan, pihaknya belum menerima pembayaran. Menurut dia, untuk seluruh subkontraktor, nilainya mencapai sekitar Rp 45 miliar. Namun khusus subkontraktor daerah (Kabupaten Semarang) lebih kurang Rp 7,9 miliar.

”Kami sebenarnya sudah koordinasi dengan TMJ. Tapi memang belum dibayar karena pihak TMJ harus melaksanakan pembayaran sesuai prosedur,” jelasnya, kemarin.

Disebutkan, UD Karya Jaya maupun kontraktor lain merupakan penggarap di bawah PT Istaka. Salah satu prosedur yang harus dilalui TMJ untuk mengalirkan dana ke subkontraktor, yaitu lebih dulu mendapat tanda tangan dari pihak Istaka.

Namun hingga kemarin hal itu belum terealisasi. Padahal sejauh ini UD Karya Jaya telah menyelesaikan tanggung jawab, di antaranya mengerjakan bagian pagar, panel, dan block paving di tol tersebut. Selain pengerjaan, UD ini juga sebagai suplier material.

Demikian halnya dengan UD Mulyo Jati. Pemiliknya, Saiful Hidayat, mengaku juga belum menerima pembayaran dari TMJ. Padahal, tanggung jawab pekerjaan telah diselesaikan, antara lain mengerjakan pembuatan pagar tol, bangunan pelengkap operasional tol, saluran air dan beberapa pekerjaan seperti UD Karya Jaya.

Menurut dia, subkontraktor lain juga menginginkan hal serupa. Mereka kebanyakan merupakan subkontraktor putra daerah (wilayah Kabupaten Semarang). ”Hanya beberapa yang berasal dari luar kabupaten ini,” katanya. (K33-16)

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar