javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Minggu, 16 Oktober 2011

Komisi D Sudah Pernah Minta TMJ Mereview Amdal

Semarang, CyberNews. Anggota Komisi D DPRD Jateng Gatyt Sari Chotijah menyatakan, sebelum tol di Susukan retak, komisinya sudah lama meminta TMJ supaya bisa mereview AMDAL. Namun, hal itu tak direspons hingga akhirnya tol mengalami kerusakan.

AMDAL itu pun juga sempat dipertanyakan pakar dari perguruan tinggi karena dinilai dibuat asal-asalan. "AMDAL tol Semarang-Ungaran telah kami minta supaya direview, disusun ulang tetapi hal ini belum ada respons," ungkapnya.

Politisi partai Hanura itu menjelaskan, Dinas Bina Marga Provinsi Jateng dan TMJ tidak boleh menyatakan sepihak soal metode atau rekayasa teknik dalam menangani keretakan di jalan tol. Namun, yang semestinya berbicara adalah para ahli dan pendapatnya pun harus merupakan hasil dari diskusi bersama dengan pakar tentunya.

Rekayasa teknis yang dilakukan harus berdasarkan hasil kemufakatan musyawarah bersama. Berkaitan dengan pembangunan tol Ungaran-Bawen, pihaknya berharap TMJ bisa berhati-hati dan menghindari lokasi tanah labil dalam menentukan rute jalan tol. Ini supaya keretakan jalan tol seperti halnya di Susukan tak terulang kembali.

Gatyt menegaskan, proyek tol yang telah menelan biaya triliunan rupiah tersebut terus menggunakan uang rakyat, termasuk dalam perbaikan kerusakan. Kini, tol tersebut belum memberikan nilai manfaat bagi masyarakat sehingga hal ini harus ada yang bertanggung jawab.

TMJ lebih baik harus mengembalikan uang rakyat. Alangkah baiknya, dana sebesar itu dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan, dan sarana transportasi pedesaan. Komisaris Utama PT TMJ Danang Atmodjo dan Direktur Utama PT TMJ Agus Suharyanto belum bisa dimintai keterangan berkaitan dengan persoalan tersebut.

( Royce Wijaya /CN26 / JBSM )

Baca Juga
Tol Ungaran-Bawen Pilih Tanah Labil
TMJ Pastikan Subkontraktor Dapatkan Haknya
Tuntut Hak, Subkontraktor Berjuang Sendiri
Kejari Panggil Subkontraktor Tol Semarang-Ungaran
Subkontraktor Berhak Tagih Utang Lewat Kurator
Izin Blokade Tol Semarang-Solo Diperpanjang
Jalan Tol Ungaran-Bawen Digarap
Rp 30 Milyar dari TMJ Belum Terbayar
Tol Semarang-Ungaran Ditempuh 10 Menit
Guntingan Melati Tandai Pengoperasian Tol Semarang-Ungaran
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar