javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Merry Chrismast and Happy New Year 2018

cari di blog ini

Sabtu, 01 Oktober 2011

Kementerian PU Cari Solusi Tol Semarang-Solo

Bandung, CyberNews. Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyatakan akan mencari solusi terbaik bagi penyelesaian pembayaran subkontraktor proyek tol Semarang-Solo.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Pembinan Konstruksi Kementerian PU, Bambang Guritno, di Bandung, Sabtu (1/10) sore. "Itu jadi hambatan, dan kita sedang mencari solusi bagaimana pembayaran ini bisa dilakukan dan bisa diterima," tandasnya.

Masalah pembayaran yang menimbulkan protes subkontraktor itu muncul sebagai imbas pemailitan kontraktor PT Istaka karya. Dijelaskannya, penyelesaian masalah itu perlu segera dilakukan agar penggal Semarang-Solo di Semarang-Ungaran bisa benar-benar difungsikan. "Barangnya sudah jadi," tandasnya.

Menurut Bambang, penyelesaian kasus itu tetap mengedepankan peran pelaksana pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo, Trans Marga Jateng (anak perusahaan Jasa Marga) dan pemerintah setempat. "Jasa Marga dan Pemprov Jateng yang tahu," katanya tentang tenggat pembayaran.

Meski demikian, dia berharap proses pembayaran pascapemailitan tetap dihormati. "Masih ditahan karena kalau dibayarkan masuk kurator uangnya bisa kemana-mana," katanya.

Sebelumnya diberitakan, TMJ masih memegang dana Rp 52 miliar untuk penyelesaian pengerjaan oleh subkontraktor. Dari jumlah itu, dana yang harus dibayarkan ke subkontraktor Rp 40 miliar.

TMJ tidak bisa membayar subkontraktor secara langsung. Sebab, kontraktor PT Istaka Karya yang menghimpun para subkontraktor dinyatakan pailit, sehingga kewenangan pembayaran dilakukan oleh kurator Jimmy Simanjuntak dan Andre Sitanggang.

Kurator itu ditunjuk Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan Istaka Karya.

( Setiady Dwi / CN31 / JBSM )
sumber: