javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Kamis, 26 Januari 2012

Jembatan Lemah Ireng Mulai Digarap

Tol Ungaran-Bawen

SEMARANG- Proyek jalan tol Semarang-Solo seksi II Ungaran- Bawen, tepatnya di jembatan Lemah Ireng, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, sudah mulai dikerjakan. Jembatan ini merupakan jembatan tol terpanjang di daratan. Bentangannya mencapai 900 meter.

Tiang pancang jembatan yang disiapkan hanya setinggi antara 20 hingga 22 meter, jauh lebih rendah dibandingkan dengan tiang pancang jembatan tol Susukan di seksi I Semarang-Ungaran yang mencapai 62 meter.

Terpanjang

Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ), Ari Nugroho, menyatakan, jembatan Lemah Ireng panjangnya mencapai 900 meter. Dibandingkan tol lain di Indonesia, jembatan Lemah Ireng memiliki bentang terpanjang di daratan. Jembatan tol di lautan terpanjang adalah Suramadu di Selat Madura.

’’Jembatan Lemah Ireng sudah mulai kami kerjakan,’’ kata Ari Nugroho di kantor gubernur, Jl Pahlawan Semarang, Rabu (25/1).

Menurut dia, pengerjaan jembatan Lemah Ireng itu tanpa pengurukan tanah. Pemasangan tiang pancang dilakukan sampai menyentuh tanah keras. Terdapat revisi jarak antartiang pancang dalam pembangunan, dari sebelumnya 30 meter kini diputuskan diubah menjadi 120 meter.

’’Semula per 30 meter dari jembatan sepanjang 900 meter itu ada tiang pancangnya. Kini dibuat per 120 meter. Rekayasa ini aman karena sudah diperhitungkan tim ahli,’’ tandasnya.

Ari menambahkan, pengerjaan proyek terkendala hujan, terutama di sektor pemadatan tanah. Pemadatan tanah membutuhkan konsentrasi atau kadar air optimum. (J17,J14-43)
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar