javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Selasa, 24 Januari 2012

Jasa Marga Tetap Tunggu Kucuran Rp1,9 Triliun

Tol Semarang Solo
JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menyatakan hingga saat ini masih menunggu kucuran dana dukungan Rp1,9 triliun dari pemerintah untuk pendanaan pembangunan proyek jalan tol Semarang- Solo seksi Bawen-Solo. Perseroan masih mengandalkan suntikan dana dari pemerintah untuk melanjutkan proyek tersebut.

Direktur Utama Jasa Marga Frans S Sunito mengatakan, perseroannya juga belum dapat memberikan jawaban atas imbauan dari Kementerian BUMN agar mencari sumber dana secara mandiri untuk proyek itu tanpa mengandalkan subsidi pemerintah.Menurut dia, Jasa Marga harus berhati-hati dalam menentukan sumber pembiayaan karena merupakan perusahaan terbuka dan kebutuhan anggaran tersebut cukuplah besar.

”Yang pasti kami akan mencari alternatif win win solution yang menguntungkan perusahaan, juga karena ini perusahaan terbuka harus mempertanggungjawabkan pada pemilik saham publik,” kata Frans di Jakarta.

Dia mengatakan, pemberian dukungan dana itu juga sebelumnya sudah disetujui oleh pemerintah. Sebelumnya Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta Jasa Marga mencari sumber pembiayaan dari perusahaan tanpa menunggu subsidi dana dari pemerintah menyusul rencana penghematan anggaran di Kementerian Keuangan.

Dahlan mengatakan, sumber pembiayaan itu bisa dilakukan dengan menggabungkan tarif tol Semarang-Solo dengan tarif tol Semarang seksi A,B dan C,atau cara lainnya yang bisa diterapkan perusahaan.

Sementara, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Gazaly mengatakan, penandatanganan amendemen perjanjian pengusahaan jalan tol ruas Semarang-Solo masih menunggu kepastian pemberian dana dukungan sebesar Rp1,9 triliun dari pemerintah. Sebelum kepastian pemberian dana didapatkan, katanya,penandatanganan belum dapat dilaksanakan karena tingkatkelayakannya belummemenuhi syarat pembangunan.

BPJT sendiri bersikap menunggu keputusan dari Kementerian Keuangan dan badan usaha bersangkutan. Selain ruas Semarang-Solo, BPJT juga masih menunggu penyelesaian masalah internal kepemilikan saham di ruas tol Batang-Semarang yang sampai saat ini belum final. Meski sangat lamban, menurut Gani, mereka tidak bisa mencabut konsesi dua ruas itu karena pada dasarnya badan usaha jalan tol tersebut memiliki kemampuan untuk melaksanakan proyek.Hanya,terbentur permasalahan pendanaan dan kepemilikan saham.

”Kita juga sulit memberikan ultimatum karena sebenarnya mereka sanggup membiayai, hanya harus menyelesaikan masalah ini dulu sebelum maju ke PPJT (perjanjian pengusahaan jalan tol),”ujarnya. (heru febrianto) (Koran SI/Koran SI/wdi)

Berita Terkait : Jasa Marga
Maret, Jasa Marga Lakukan Perbaikan Permanen Jalan Tolnya
Hore! Karyawan Jasa Marga Naik Gaji Juli 2012
Jasa Marga Masih Kantongi Dana IPO Rp2,15 T
Jasa Marga Sanggah Karyawan Mogok Kerja
Jasa Marga Mantap Rambah Bisnis Properti
Jasa Marga Bidik Pengguna E-Toll Bertambah 40%
Jasa Marga Siapkan Rp40 M untuk Gardu Tol
Jasa Marga Bangun Lampu PJU Sepanjang 40 Km
Jasa Marga Cari Dana Rp17,5 Triliun
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar