javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
INFO : REUNI AKBAR SMP N 2 SIMO BOYOLALI 2017 BULAN DESEMBER 2017....AYOO BERGABUNG (Info&Pendaftaran : 085727059929)

cari di blog ini

Rabu, 27 Juli 2011

Kontraktor Mulai Lakukan Pengukuran Lahan

  • Proyek Tol Seksi II Ungaran-Bawen

ilustrasi : survey & pengukuran di seksi 3 mei 2009 (photo doc:soklin)
Semarang, CyberNews. Pemenang lelang proyek jalan tol Seksi II Ungaran-Bawen mulai melakukan pengukuran lahan dan proses mobilisasi peralatan berat menuju lokasi. Dengan persiapan tersebut, maka tahap konstruksi mega proyek bagian dari tol Trans Jawa itu akan segera dimulai.

Komisaris Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ) Danang Atmodjo menuturkan, mulai dilakukannya tahapan awal proyek itu menyusul telah keluarnya Surat Perintah Kerja (SPK) bagi ketiga kontraktor. SPK tersebut telah terbit pekan lalu untuk tiga kontraktor pemenang lelang, yakni PT Waskita Karya, PT Adhi Karya, dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

"Mohon doa restunya agar tahapan konstruksi bisa secepatnya dimulai. Saat ini sedang persiapan pengukuran dilanjutkan mobiliasasi alat berat serta mendatangkan material yang akan dibutuhkan," ujar Danang.

Proses persiapan tersebut diperkirakan memakan waktu sekitar sebulan, jadi proyek fisik diprediksi bisa dimulai setelah lebaran. Pihaknya membagi jalan tol Seksi II menjadi tiga paket, yakni paket empat dikerjakan PT Pembangunan Perumahan (PP), paket lima oleh PT Waskita Karya, dan paket enam PT Adhi Karya.

Terkait kebutuhan lahan, lanjutnya, masih ada sekitar 10% yang belum terbebaskan di paket lima. Terkait kondisi geografis Seksi II, menurut Danang tak jauh berbeda tingkat kesulitannya dengan seksi sebelumnya. Untuk jalan tol sepanjang sekitar 11 km itu didominasi perbukitan karena jalur itu merupakan jalur pegunungan.

Uji Kelayakan


Banyak lahan yang merupakan lembah, bukit dengan sudut kemiringan cukup tajam. Menilik kondisi tersebut, Danang menuturkan akan banyak digunakan jembatan dengan tiang tinggi serta pengurugan dan pengerukan. "Kami akan segera memfasilitasi proses pembebasan tanah dengan mengajukan usulan dana talangan untuk biaya pembebasannya," paparnya.

Untuk jalan tol Seksi I Banyumanik-Ungaran, Danang memastikan sudah akan dibuka pada H-7 hingga H+7 lebaran nanti. Dikatakan, hingga kini pihaknya masih melakukan pengamatan terhadap seluruh kondisi jalan dan diakuinya memang belum dilakukan uji kelayakan.

Namun demikian, pada H-7 lebaran jalan tol sudah akan dibuka untuk umum sekalian uji coba. "Selama lebaran, jalan tol kami buka dan gratis untuk pengguna jalan. Setelah uji coba itu, akan kembali kami lakukan pengamatan," ujarnya.

Anggota Komisi D DPRD Jateng Gatyt Sari Chotijah menyambut baik rencana pembukaan jalan tol tersebut selama lebaran. Namun demikian, dirinya menyesalkan lambannya proses uji kelayakan yang hingga kini belum kunjung dilakukan.

"Seharusnya bukan hanya uji coba, tapi sudah benar-benar difungsikan. Kalau sekedar uji coba, berarti masih belum diketahui kapan jalan tol Semarang-Ungaran itu akan dibuka," papar politikus Partai Hanura itu.
( Saptono Joko Sulistyo / CN26 / JBSM )

Berita Terkait :
Tol Semarang-Ungaran jalani uji kelaikan
Dua Kontraktor Lama Kembali Garap Tol Seksi II
Pelebaran Jalan di Interchange Ditangani Pusat
Perbaikan Tol Seksi I Rampung
Lebaran, Tol Semarang- Ungaran Harus Difungsikan
Kades Jatirunggo buron
Lelang Seksi II Diharap Segera Selesai
Gubernur Gelar Rapat Terpadu Bahas Tol
Penyelesaian Pekerjaan Fisik Belum Dipastikan
DPRD Ingatkan Target Penuntasan Jalan Tol

sumber :
http://suaramerdeka.com