javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
INFO : REUNI AKBAR SMP N 2 SIMO BOYOLALI 2017 BULAN DESEMBER 2017....AYOO BERGABUNG (Info&Pendaftaran : 085727059929)

cari di blog ini

Minggu, 24 Juli 2011

16 Proyek MP3EI Dimulai 2011


KOMPAS/HERU SRI KUMORO Maket Jembatan Banyumanik 2 
di ruas Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, dipamerkan pada 
Indonesia International Infrastructure Conference & Exhibition 2011 
di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (12/4)
CILOTO, KOMPAS.com - Sebanyak 16 proyek yang dimasukkan dalam daftar proyek infrastruktur Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia atau MP3EI diperkirakan akan mulai dilaksanakan atau ground breaking pada tahun 2011. Ini menjadi simbol yang ingin ditunjukkan pemerintah sebagai bukti bahwa rencana induk tersebut mulai dijalankan. 

"Saya perkirakan akan ada 16 proyek yang dijalankan, itu semua yang melibatkan pemerintah. Namun, hingga akhir tahun 2012 memang bisa saja mencapai 139 proyek karena memperhitungkan proyek pemerintah dan swasta. -- Dedy Supriadi Priatna"
"Saya perkirakan akan ada 16 proyek yang dijalankan, itu semua yang melibatkan pemerintah. Namun, hingga akhir tahun 2012 memang bisa saja mencapai 139 proyek karena memperhitungkan proyek pemerintah dan swasta," ujar Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dedy Supriadi Priatna di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (23/7/2011) dalam Temu Media dengan Bappenas.

Menurut Dedy, ke-16 proyek tersebut antara lain jalan tol Nusa Dua-Benoa Bali, proyek pengolahan air minum di Kabupaten Tangerang, Instalasi Pengolahan Air di Banjarmasin, Jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) West 2, lalu proyek jalan tol Cikampek-Palimanan. Selain itu ada juga proyek jalan tol Pejagan-Malang; pengerukan sungai-sungai di Jakarta mulai dari sungai Pesanggrahan hingga Sunter; kemudian proyek pengembangan kawasan pelabuhan Tanjung Priok; konstruksi jaringan gas di Bontang, Sengkap, Bekasi, dan Sidoardjo, serta pelabuhan kapal pesiar Tanah Ampo.

Nilai proyek jalan tol Nusa Dua-Benoa mencapai Rp 1,5 triliun Rp 2 triliun, diperkirakan akan dimulai paling cepat akhir tahun 2011 atau awal tahun 2012. Adap un jalan tol JORR W2 diperkirakan akan dimulai tahun 2011 karena pembebasan lahannya sudah hampir selesai. Sementara proyek pengerukan sungai di Jakarta masih harus menunggu revisi peraturan pemerintah tentang penggunaan pinjaman dari pemerintah.

Selain itu, khusus untuk proyek-proyek yang sudah memenuhi dua syarat layak mendapatkan keistimewaan untuk ditunjuk langsung. Pertama, proyek infrastruktur yang dikerjasamakan antara pemerintah dengan swasta (PPP) yang sudah ditender dua kali tetapi tidak memper oleh pemenang. Kedua, proyek yang dapat menjadi solusi pada masalah yang dihadapi masyarakat sejak lama, misalnya kemacetan di Jakarta. 
Orin Basuki | Robert Adhi Kusumaputra

TERKAIT:
sumber :