javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Merry Chrismast and Happy New Year 2018

cari di blog ini

Kamis, 07 Juli 2011

Dua Kontraktor Lama Kembali Garap Tol Seksi II

Lelang Rampung, Proyek Fisik Segera Dimulai


Semarang, CyberNews. Proses lelang jalan tol Seksi II Ungaran-Bawen telah rampung dan ada tiga pemenang yang nantinya akan mengerjakan proyek fisik sepanjang sekitar 9 km itu.

Dari ketiga pemenang lelang, dua diantaranya adalah kontraktor lama yang mengerjakan Seksi I Semarang-Ungaran, yakni PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya, dan satu lainnya PT Pembangunan Perumahan.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengaku senang dengan telah berakhirnya proses lelang jalan tol Seksi II. Selama ini Bibit kerap nggrundel dengan proses lelang jalan tol yang memakan waktu lama dan terkesan lambat.

"Saya juga heran, kenapa proses lelang kok ndak nduk, ora sat set. Tapi itulah prosesnya, yang penting sekarang sudah selesai dan proyek fisik pada Seksi II harus segera dimulai," terang Bibit di Semarang, Kamis (7/7).

Dengan berakhirnya proses lelang tersebut, Bibit meminta PT Trans Marga Jateng segera mengeluarkan Surat Perintah Kerja (SPK) untuk pengerjaan proyek fisik. Gubernur berharap paling lambat pekan depan SPK sudah harus diterbitkan agar pengerjaan proyek fisik tidak berlarut-larut.

"Mumpung masih musim kemarau sebaiknya segera dikerjakan. Karena kalau sudah masuk musim hujan, pasti akan lebih banyak kendala," jelas Bibit.

Dijelaskan, apabila minggu depan SPK telah dikeluarkan, maka ketiga kontraktor bisa segera memulai persiapan pembangunan proyek fisik. Seperti menyiapkan dan mengirim alat-alat berat ke calon lokasi pembangunan sesuai wilayah kerja masing-masing maupun mulai memasok bahan material.

Dengan cepatnya proses persiapan dan pembangunan, diharapkan percepatan pembangunan bisa berjalan sesuai waktu pengerjaan. Terkait lahan yang akan digunakan, Bibit mengaku sudah tidak ada masalah karena proses pembebasan sudah diatas 80%. Sisanya merupakan lahan milik Pemprov Jateng dan PTPN IX, dengan demikian proses pembebasan kekurangan lahan tidak akan sulit karena sama-sama milik pemerintah.

Komisaris PT Trans Marga Jateng, Danang Atmodjo menyatakan, sebelumnya proses lelang pra kualifikasi meloloskan lima peserta, yakni PT Adhi Karya, PT Waskita Karya, PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Wijaya Karya, dan PT Jaya Konstruksi. Pada tahap awal, lanjutnya, sebanyak 14 kontraktor mengikuti proses lelang untuk pengerjaan jalan tol Seksi II itu.

"Semoga saja proyek fisik bisa segera dimulai agar target pengerjaan bisa tepat waktu," terangnya.

Pada Seksi II yang diperkirakan menelang biaya hingga Rp 1 triliun itu juga akan dikerjakan dalam tiga titik guna mempermudah dan mempercepat pengerjaan. Menurut Danang, total kebutuhan lahan untuk jalan tol Ungaran-Bawen adalah seluas 133,5 ha.

( Saptono Joko Sulistyo , Royce Wijaya / CN34 / JBSM )

sumber :
http://suaramerdeka.com