javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Kamis, 18 Juli 2013

Tol Ungaran-Bawen dibuka, Bawen Rawan Macet

tol ungaran-bawen seksi III siap melayani Mudik 2013 (poto:Soklin)
SEMARANG - Kawasan Bawen Kabupaten Semarang, persisnya titik pintu keluar jalan tol Bawen akan rawan macet pada saat lebaran nanti, menyusul dipergunakannya jalan tol Ungaran-Bawen.

Mengantisipasi hal itu, GUbernur Jawa Tengah Bibit Waluyo meminta instansi terkait mempersiapkan secara matang jalur keluar jalan tol Semarang-Bawen agar tidak menimbulkan kemacetan.

Hal tersebut dikatakan Bibit Waluyo usai rapat tingkat pimpinan tim pemantauan dan pengendalian harga Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung di gedung Bank Indonesia Semarang Jalan Imam Barjo, Rabu (17/7) kemarin.

"Bawen rawan macet. Karenanya harus dipersiapkan mulai sekarang dan dikoordinasikan antara Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Jateng serta kepolisian agar nanti tidak macet. Jangan ditunda-tunda," ucap Bibit.

Menurut BIbit, untuk jalur keluar tol Semarang-Bawen menuju ke arah Solo tidak ada masalah. Namun untuk jalur keluar yang menuju ke Magelang dan Yogyakarta adalah yang rawan macet, karenanya perlu mendapat perhatian serius.

"Kalau ke arah Magelang itu kan memotong jalur arus kendaraan dari Semarang menuju Solo. Titik itulah yang dikhawatirkan dan berpotensi menyebabkan kemacetan lalu lintas," terang mantan Pangdam IV/Diponegoro itu.

Beberapa hal yang perlu dilakukan, kata Bibit, selain dipasang rambu-rambu lalu lintas yang lengkap di jalur keluar jalan tol Semarang-Bawen, juga lampu pengatur lalu lintas di titik itu.

Mengingat jumlah kendaraan yang melintas saat itu diperkirakan akan berlipat-lipat dari hari hari biasanya Bibit mengatakan, untuk mudik dan balik lebaran nanti, jalan tol Ungaran-Bawen yang bisa dilalui hanya satu jalur.

Kalau arus mudik akan dipergunakan untuk menuju Bawen, namun kalau balik akan digunakan untuk jalur menuju Ungaran. Itupun dalam kondisi belum sempurna, namun dijamin sudah aman.

"Belum jadi sempurna. Untuk penyempurnaan masih perlu waktu satu hingga dua bulan dan itu akan dilaksanakan setelah Lebaran," katanya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Sasmito SH mengatakan, jika melihat perkembangan pembangunan jalan tol Ungaran-Bawen, jalan tol tersebut memang sudah bisa dilewati, meksi hanya satu jalur.

Meski belum bisa jalur, namun akan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya Ungaran-Bawen, yang selama ini memang sangat padat. "Soal jalur keluar tol Bawen memang harus sudah mulai diperhatikan mulai sekarang. Karena memang potensi untuk macet di titik itu memang sangat besar," kata poliiti dari partia Golkar ini. (saf)
editor : Pojok Soklin
sumber :
jpnn 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar