javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Sabtu, 27 Juli 2013

Ini Rencana Rekayasa Lalu Lintas di Cikampek saat Mudik 2013

Arus kendaraan yang padat di jalan tol Cikanpek (ANTARA)

Jakarta, GATRAnews - PT Jasa Marga bersama jajaran kepolisian akan merekayasa lalu lintas di sejumlah titik jalan tol milik BUMN Tol itu untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2013. Rekayasa lalu lintas dilakukan menyusul perkiraan adanya lonjakan pengguna lalu lintas dari Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Pengaturan lalu lintas tahun lalu di ujung Cikampek kurang baik karena itu, tahun ini sejumlah rekayasa lalu lintas tetap akan dilakukan dan diharapkan lebih baik karena Korlantas Polri tahun ini ikut bergabung. Beda dengan tahun lalu yang hanya Polda Jabar," kata Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman didampingi Direktur Operasi Hasanudin kepada pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Adityawarman sejumlah titik yang akan dilakukan rekayasa adalah di Simpang Susun Cikunir dan menjelang Gerbang Tol (GT) Cikopo/Cikampek.

"Saat terjadi kepadatan pada arus mudik di GT Cikampek, maka di gerbang tol tersebut hanya difungsikan sebagai gerbang keluar saja. Kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta yang akan masuk tol diarahkan melalui Kota Bukit Indah dan masuk melalui Gerbang Tol Kalihurip Selatan atau melalui GT Sadang," katanya seperti dikutip Antara.

Dikatakannya, bila terjadi kemacetan di ujung Tol Cikampek arah Pantura, yang diperkirakan imbasnya akan mencapai jalan tol Jakarta-Cikampek, maka Jasa Marga dan Kepolisian akan melakukan pengaturan pengalihan arus lalu lintas mulai dari Simpang Susun Dawuan.

Bila kepadatan kendaraan sudah mencapai Simpang Susun Dawuan, pengguna jalan tol yang hendak menuju arah Pantura diarahkan untuk belok ke arah Tol Cipularang dan keluar di Gerbang Tol Sadang. Untuk selanjutnya melalui Subang, Cikamurang, Kadipaten dan Cirebon.

"Dan apabila jalur Pantura macet total, Kepolisian akan mengatur kendaraan yang akan menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur untuk melalui Lintas Selatan yakni masuk Cipularang, keluar di Gerbang Tol Cileunyi, Sumedang, Kadipaten dan Cirebon, bisa juga melalui Nagrek, Malangbong, Tasikmalaya, dan seterusnya," katanya.

Untuk mengantisipasi hal ini, tambah Adityawarman, Jasa Marga sudah menyiapkan petugas di titik-titik rawan kemacetan dan rambu-rambu di tempat-tempat strategis untuk memudahkan pengguna jalan tol mencari alternatif yang sesuai dengan tujuannya.

"Dengan demikian ada tiga jalur alternatif untuk menuju Cirebon, yaitu keluar Gerbang Tol Cikampek kemudian lewat Indramayu, keluar Gerbang Tol Sadang kemudian lewat Kadipaten dan keluar di Gerbang Tol Cileunyi kemudian lewat Sumedang. Pemudik bisa memilih jalur yang lebih lancar ketika jalur lainnya padat," katanya.

Adityawarman juga memastikan, saat arus mudik dan balik terjadi, maka sejumlah perbaikan jalan berlubang di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek dipastikan sudah selesai sehingga pemudik bisa lebih nyaman.

"Jalan berlubang itu karena truk bermuatan lebih. Pastinya, kami sampaikan jalan tol kami, kondisinya jauh lebih baik dari Pantura," katanya. (DH)
 
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar