javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Rabu, 31 Juli 2013

Jateng Jadi Tujuan Mudik Tertinggi

ilustrasi
SEMARANG- Wakil Men­teri Perhubungan (Wamenhub) Bam­bang Susantono mene­gas­kan, motor bukan merupakan alat transportasi jarak jauh. Guna menekan angka ke­celakaan lalu lintas, pemudik di­minta menitipkan motornya ke sa­rana angkutan Lebaran yaitu truk, bus, kereta api, dan kapal. Ke­menhub siap memfasilitasi ang­kutan tersebut untuk mem­ba­wa 30 ribu motor pemudik ke Jateng, Jakarta, dan tujuan mu­dik lainnya.

”Kami membuat layanan untuk mengangkut motor pe­mudik, caranya bisa dinaikkan ke kapal TNI AL, kapal Ferry, kom­binasi truk dan bus, serta ke­reta api,” kata Bambang usai me­mimpin gelar pasukan Pos­ko Arus Mudik Lebaran di halaman kantor gubernuran, Selasa (30/7). Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Bibit Waluyo dan wakilnya Rustriningsih, Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso, dan Kepala Dishub­kominfo Jateng Urip Sihabudin.

Menurut Wamenhub, cara-cara itu dilakukan untuk mengantisipasi ledakan pemudik bermotor. Khusus­nya kereta api, pemudik harus membeli tiket perjalanan ke tujuan mudik. Terlebih lagi, Jateng menjadi tujuan tertinggi para pemudik dengan prediksi mencapai 2 juta orang, baik dari Jakarta maupun daerah lainnya.

Kabid Angkutan Jalan, Dis­hub­kominfo Jateng Untung Si­rinanto mengaku sudah menerima pendaftar pemudik bermotor gratis. Mereka ini berasal dari Solo, Wonogiri, Tegal, Mage­lang, dan Semarang. Dalam hal ini, kendaraan yang dititipkan ke truk akan dibawa menuju dinas perhu­bung­an di kabupaten tu­juan.

Pantau Kesiapan


Jika pemudik berasal dari Wono­giri, maka motor akan dibawa sampai ke Dishub­kom­info Wonogiri. Program tersebut sudah berjalan pada 3 Agustus atau H-5 Lebaran. ”Setelah motor diberangkatkan, pemudik se­hari kemudian akan diberang­katkan naik bus yang sudah disediakan Kemenhub,” tandasnya.

Di sisi lain, Gubernur Bibit Waluyo meminta pemudik untuk berhati-hati di jalan. Tol Sema­rang-Solo seksi II Ungaran-Bawen hari ini rencananya juga akan dibuka untuk melayani pemudik.

Sebelumnya, Wamenhub ke­marin memantau kesiapan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Dalam menghadapi Lebaran telah disiapkan 1.300 unit kapal dari seluruh Indo­nesia.

Selain itu juga dipersiapkan 38.000 bus angkutan darat, 380 pesawat angkutan udara, 304 rangkaian kereta api serta 180 kapal Ferry. Tahun ini diper­kirakan ada 24 juta pemudik bergerak Jateng.Mereka yang berasal dari Jabo­detabek sekitar 12 juta pemudik. (J17,J12,H68-90)
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar