javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Rabu, 13 April 2011

Kementerian PU tawarkan proyek tol Rp67,27 T

Online: Rabu, 13 April 2011 | 00:02 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Proyek infrastruktur jalan tol menjadi andalan Kementerian Umum (PU) untuk ditawarkan ke swasta dalam ajang International Infrastructure Conference and Exhibition 2011 yang berlangsung di Jakarta, 12-14 April 2011. Proyek tersebut ditaksir menelan investasi hingga Rp 67,27 triliun.

Menteri PU Djoko Kirmanto menyebutkan, pemerintah menawarkan proyek 15 ruas tol yang menjadi prioritas program kerja Kementerian PU.

Setelah diinventarisasi, proyek itu memakan panjang jalan hingga 397.30 kilometer dan nilai investasi Rp67,27 triliun. Selain itu, juga ada 16 proyek tol baru yang potensial untuk dikembangkan dengan panjang 978,53 kilometer dengan nilai investasi Rp78 triliun. "Proyek ini dalam proses feasibility study (FS)," ujar Djoko di Jakarta, Selasa (12/4/2011)

Meski begitu, menurut Djoko, pihaknya juga juga menawarkan proyek air bersih dan minum serta sanitasi. Pembangunan infrastruktur sektor macam ini diperlukan untuk mengejar target Millenium Development Goals/MDGs. "Bagaimanapun proyek ini sudah menjadi perhatian dunia. Untuk itu,keterlibatan pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk menindaklanjuti proyek prorakyat ini," terangnya.

Menurutnya, total nilai proyek yang ditawarkan kepada swasta ini ditaksir mencapai Rp143 triliun atau US$15 miliar. "Sejumlah proyek itu berada di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Sulawesi Utara. Kami berharap sejumlah investor bisa tertarik," sebutnya.

Sementara, mengenai proyek air bersih,sambung Djoko, berada di empat lokasi dengan nilai investasi Rp 14,6 triliun atau sekitar US$1,459 miliar. Ada juga proyek limbah dan sanitasi sebesar US$41,62 miliar di 11 lokasi. "Proyek ini sudah tersebar di seluruh Indonesia," kata Djoko.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto mengatakan, investasi sebesar Rp 143 triliun tersebut belum termasuk investasi 24 ruas jalan tol yang sedang dievaluasi senilai Rp 90 triliun. "Proyek ini kami harapkan segera terwujud pada 2014 nanti," tutupnya. kbc11

Berita Terkait
Jalur pantura Madura masuk prioritas perbaikan
Investasi perhubungan butuh Rp1.786 triliun
RI harus dorong keseimbangan moda transportasi
Perbaikan jalan di Jatim ditambah jadi Rp175 miliar
Infrastruktur buruk hambat gerak investasi

sumber :
http://www.kabarbisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar