javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
INFO : REUNI AKBAR SMP N 2 SIMO BOYOLALI 2017 BULAN DESEMBER 2017....AYOO BERGABUNG (Info&Pendaftaran : 085727059929)

cari di blog ini

Rabu, 08 Mei 2013

TOL SEMARANG-SOLO: Tol Seksi II Ungaran-Bawen Siap Diujicobakan Paling Lambat Agustus 2013

ilustrasi
SEMARANG-Proyek ruas tol Semarang-Solo Tahap I Seksi II (Ungaran-Bawen) sepanjang 9 Km dipastikan bakal diujocobakan pengoperasiannya menjelang Lebaran dan paling lambat awal Agustus mendatang, menyusul pembangunan konstruksi sudah mencapai 80%.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto nagatakan ruas tol Seksi II (Ungaran-Bawen) kini mendekati rampung, setelah sebelumnya Tahap I Seksi I (Semarang-Ungaran) sepanjang 11,4 Km sudah difungsikan 2011.

“Tol Semarang-Solo Tol yang menjadi bagian Trans Jawa itu pada Juli atau paling lambat awal Agusrtus untuk Seksi II (Ungaran-Bawen) sudah bisa diujicobakan, meski belum 100% seluruh jadi, sehingga saat Lebaran sudah dapat dimanfaatkan kendaraan arus mudik dan balik, terutama kendaraan kecil, seakligus untuk mengurangi masalah kemacetan,” tuturnya usai mengikuti kegiatan Hari Air Dunia, di Kanal Banjir Barat, Semarang (6/5).

Menurut Gubernur Jateng Bibit Waluyo, tol Semarang-Solo uji kelayakan penggunaan jalan akan dilakukan setelah ada koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti pihak pengembang PT Jasa Marga dan Kementrian PU dan beberapa dinas terkait, sehingga diupayakan sebelum arus mudik jalan tol bisa dioperasikan.



“Menurut Pak Menteri [Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto], setelah Juli baru uji kelayakan,” tuturnya.



Pada Tahap III, IV dan V, pelaksana kini difokuskan pada pembebasan lahan, meski sebagian besar sudah rampung dan lelang tender telah dibuka untuk umum, bahkan kendala yang dihadapi tidak banyak seperti proyek tol Tahap I sesi I Semarang- Ungaran sebelumnya.

Pembangunan Tol Semarang-Solo tahap III, IV dan V Bawen-Solo sepanjang 52 kilometer akan dibagi dalam sembilan sesi dan setiap kontraktor yang memenangkan tender akan memperoleh proyek sepanjang 5 Km.

Menurutnya, pembangunan Tol Semarang- Solo dengan total sepanjang 75,60 Km senilai Rp6,9 triliun ini, memiliki dua ruas terdiri Semarang-Bawen sepanjang 23,10 Km dan ruas Bawen-Solo dengan panjang 52,50 km. Keseluruhannya proyek kontruksi dilakukan terpisah sebagai upaya mengejar target penyelesaian yang dijadwalkan paling lambat awal 2014.

Pembangunan Tol Bawen-Solo, lanjutnya, yang merupakan bagian dari tol Semarang-Solo itu sudah mendapatkan dukungan dana dari pemerintah, dan telah dialokasikan Rp1,93 triliun, sehingga penyelesaian diharapkan tidak akan molor lagi. (41/rsj) 
 
sumber: