javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
INFO : REUNI AKBAR SMP N 2 SIMO BOYOLALI 2017 BULAN DESEMBER 2017....AYOO BERGABUNG (Info&Pendaftaran : 085727059929)

cari di blog ini

Rabu, 15 Mei 2013

Habiskan Triliunan Rupiah, Pembebasan Lahan Trans Jawa Baru 51%

Total, ada 5.150,53 hektare lahan yang harus dibebaskan pemerintah.
Peta pembangunan jalan Tol Trans Jawa (Kementerian PU)
VIVAnews – Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan, hingga saat ini pembebasan lahan jalan tol Trans Jawa baru mencapai 51,4 persen dari total 5.150,53 hektare lahan yang harus dibebaskan pemerintah.

Direktur Bina Teknik Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU, Suhardi Dari, mengatakan bahwa dari keseluruhan jalan tol yang ada di jaringan Trans Jawa, baru Cikopo-Palimanan yang rampung.

Dia mengakui, banyak hambatan dalam pembebasan lahan untuk ruas tol di Pulau Jawa. Salah satunya adalah ketidaksetujuan pemilik tanah dengan nilai penaksiran yang diajukan pemerintah.

"Padahal, nilai appraisal sudah cukup layak. Harga sudah baik dan penilaiannya pun dilakukan oleh tim independen," kata Suhardi dalam siaran pers, Jumat 12 April 2013.

Berdasarkan data Kementerian PU, sejak 2007 hingga kini, dana yang dikeluarkan senilai Rp4,04 triliun untuk lahan seluas 2.647 hektare. Kementerian memperkirakan, dana yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan tol Trans Jawa sebesar Rp7,23 triliun.

Kepala Sub Direktorat Pengadaan Tanah Ditjen Bina Marga, Ahmad Herry Marzuki, mengatakan, untuk tahun ini pemerintah mengalokasikan dana pembebasan tanah sebesar Rp1 triliun untuk jalan tol di Indonesia.

Ahmad menambahkan, kementerian berharap proses pembebasan lahan ruas Solo-Mantingan dan Mantingan-Kertosono bisa selesai pada tahun ini. Hingga saat ini, perkembangan pembebasan lahan kedua ruas tol tersebut masing-masing sudah 81,34 persen dan 50,13 persen.

"Dana yang sudah dipergunakan untuk membebaskan tanah Solo-Mantingan sebesar Rp929,5 miliar, dan Mantingan-Kertosono senilai Rp445,48 miliar," ujarnya.

Sementara itu, untuk ruas Semarang-Solo, khususnya untuk ketiga seksi tersisa, yaitu Bawen-Karanganyar, pembebasan tanahnya direncanakan rampung pada akhir 2014. Tahun ini diharapkan bisa selesai 30 persen. (art)
 
sumber :
viva