javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Merry Chrismast and Happy New Year 2018

cari di blog ini

Sabtu, 31 Desember 2011

2012, Fondasi untuk Percepatan Pembangunan

TAJUK RENCANA

Menjelang akhir tahun 2011, selalu muncul berbagai prediksi menyambut datangnya tahun baru, 2012. Selalu ada peringatan sekaligus optimisme dalam setiap prediksi-prediksi tersebut. Center for Information and Development Studies (Cides) misalnya, memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melemah akibat dampak krisis Eropa yang berkepanjangan. Ekonom Cides, Umar Juoro, memprediksi tahun depan perekonomian Indonesia tumbuh sekitar 6,2 persen, atau sedikit menurun dibandingkan pertumbuhan sekitar 6,5 persen pada 2011.

Sebaliknya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) optimistis pertumbuhan industri pada tahun depan bisa mencapai 7 persen. Hal ini didasari tingginya pertumbuhan ekonomi yang diikuti tingginya permintaan dari dalam negeri. Bagi kita, prediksi-prediksi tersebut lebih tepat untuk ditafsirkan sebagai landasan optimisme untuk menjadi lebih baik. Sebab, sebuah prediksi atau prakiraan selalu mengandung kekuatan "menubuatkan untuk tidak terjadi”. Misalnya, ketika diprediksi pertumbuhan menurun, akan dilakukan segala daya upaya agar hal itu tidak terjadi.

Sehingga, ketika pertumbuhan ekonomi tidak menurun, hal itu tentu bukan karena prediksi meleset, melainkan karena prediksi itu memberi daya kekuatan untuk berusaha agar penurunan pertumbuhan ekonomi itu tidak terjadi. Bagi masyarakat Jateng, 2012 selayaknya dimanfaatkan sebagai tahun fondasi untuk percepatan pembangunan. Hal itu bukan atas dasar prediksi melainkan atas dasar perencanaan dan target-target yang telah ditetapkan dalam kaitan dengan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

MP3EI adalah program andalan pemerintah untuk memacu pertumbuhan proyek infrastruktur di tanah air. Proyek ini dibangun hampir di seluruh wilayah di tanah air. Jawa Tengah sendiri juga akan melaksanakan beberapa proyek besar yang termasuk dalam bagian MP3EI. Karena itu, patut disambut dengan semangat positif ketika Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan perbaikan jalan nasional sudah beres pada 2012. Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga akan mengejar perbaikan jalan nasional hingga mencapai 90,5% dari total panjang jalan 38.500 km.

Ketersediaan infrastruktur untuk akses mobilitas adalah prasyarat utama sebelum melangkah pada percepatan dan perluasan ekonomi. Karena itu, sudah selayaknya kalau 2012 dimanfaatkan sebagai momentum untuk perwujudan fondasi, dengan sasaran akhir percepatan pembangunan. Dalam MP3EI, tercatat ada 12 proyek besar yang sedang dan akan dilaksanakan di Jawa Tengah, antara lain pembangungan Bendungan Jati Barang, penyediaan SPAM Kota Semarang Barat, pembangunan PLTU Jawa Tengah Baru 2.000 MW, dan tol Semarang-Solo.

Meski banyak mendapat kritik bermuatan politis, MP3EI perlu direspons sebagai langkah awal untuk mendorong dinamika pembangunan. Dengan semangat untuk meletakkan fondasi itulah, seluruh pemangku kepentingan di Jawa Tengah memanggul tanggung jawab MP3EI tidak terjebak pada pola pikir proyek, tetapi menjadi program untuk memperluas akses terhadap kesejahteraan publik. Pada 2012, kita optimistis akan tercapai solusi-solusi yang tepat atas berbagai persoalan yang masih mengganjal, sepanjang para pemangku kepentingan berpegang pada semangat itu.
 
sumber :