javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Rabu, 09 November 2011

Tol Cikopo-Palimanan Dikerjakan Akhir Bulan

Pintu tol Cikopo, Jawa Barat. TEMPO/Arie Basuki
TEMPO Interaktif, Bandung - Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengatakan pengerjaan jalan tol Cikopo-Palimanan akan dicanangkan pada 30 November ini. "Nanti nyambung, dari Cikampek langsung ke Cirebon," kata Hermanto Dardak, di Bandung, Rabu, 9 November 2011.

Menurut dia, investasi yang disiapkan untuk membangun jalan tol itu mencapai Rp 11 triliun. Jalan tol itu nantinya akan dibangun dalam enam seksi, total panjangnya lebih dari 100 kilometer.

Hermanto mengatakan pembebasan lahan sendiri belum 100 persen selesai. Yang sudah tuntas, katanya, baru dari seksi 1 sampai 5, dari Cipoko hingga sebelum Waringin. "Ada yang sudah 100 persen ada yang sudah 94 persen, tapi praktisnya sudah bisa mulai," katanya.

Pemerintah, kata dia, mematok target pada 2014 pembangunan konstruksi jalan tol itu sudah rampung. "Mudah-mudahan 2014 selesai," kata Hermanto.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengamini rencana itu. "Groundbreaking-nya nanti di Cikopo," katanya. Dia berharap jalan tol itu bisa tuntas di 2013 nanti.

Hermanto mengatakan jalan tol Cikopo-Palimanan itu menjadi bagian dari pembangunan jalan tol lintas utara Jawa. Dalam bulan-bulan ini, katanya, juga akan dimulai pembangunan jalan tol yang menjadi bagian lintas utara Jawa itu.

Menurutnya, yang termasuk jalan tol lintas utara Jawa itu di antaranya Semarang-Ungaran, Kertosono-Solo yang sudah dimulai pekerjaannya, Kertosono-Mojokerto tengah berjalan pembangunan konstruksinya dari Jombang, serta Mojokerto-Surabaya.

Tol Semarang-Ungaran di Jawa Tengah, papar Hermanto, tinggal dibuka resmi untuk digunakan publik. Selanjutnya akan digarap jalan tol itu menuju Bawen. "Mau dilakukan groundbreaking bulan-bulan ini," kata Hermanto.

AHMAD FIKRI
 
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar