javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Sabtu, 12 November 2011

Pengaturan Lalu Lintas Tiru saat Lebaran

*        SM/Irawan Aryanto PENGASPALAN: Pekerja mengaspal jalan tol
*         Semarang-Ungaran di wilayah Banyumanik, Kamis (10/11). (30)
Antisipasi Kemacetan di Pintu Tol Ungaran


UNGARAN - Pengaturan atau rekayasa lalu lintas di pintu keluar-masuk tol Ungaran untuk mengatasi kemacetan akan dilakukan sama seperti saat arus mudik dan balik Lebaran 2011. Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Semarang akan mengoptimalkan fungsi traffic light di sepanjang pintu tol tersebut. Selain itu, petugas menyiapkan beberapa jalur alternatif.

Kapolres Semarang AKBP Hariyanta melalui Kabag Operasional AKP Sugandi mengatakan, akses pintu tol Ungaran diutamakan lewat perempatan Sidomulyo hingga pertigaan DPRD Kabupaten Semarang. Pengendara dari Semarang, setelah sampai di gerbang tol Ungaran di Kalirejo dapat langsung melaju lurus melewati perempatan Sidomulyo menuju jalan utama (Jalan Diponegoro) di depan kantor DPRD. Seperti halnya di pertigaan DPRD, lampu bangjo juga sudah dipasang di perempatan Sidomulyo.

Jika akses utama itu padat, pengguna jalan dapat melalui jalur alternatif dari perempatan Sidomulyo ke arah kiri (selatan) melalui Jalan S Parman dan tembus di pertigaan Undaris (jalan utama). Di sepanjang jalan itu juga telah disiapkan persimpangan untuk mengurai kemacetan, salah satunya sebelum traffic light Undaris.

Melalui jalur itu, pengendara akan diarahkan ke selatan melewati Perumda Gedanganak dan tembus di batas Kota Ungaran sisi selatan.

”Optimalisasi traffic light akan disesuaikan dengan kepadatan lalu lintas. Jika terlalu padat, petugas akan mengalihkan arus kendaraan ke sejumlah jalur alternatif. Jalur alternatif itu sudah didukung rambu petunjuk jalan agar pengguna tol tidak tersesat. Akses keluar tol lewat perempatan KPU Ungaran dan tembus di Benteng Willem II juga bisa difungsikan bila kendaraan padat,” paparnya, kemarin.

Keamanan Terjamin

Menurut dia, Polres Semarang akan menyiagakan personel di beberapa persimpangan, termasuk pertigaan kantor DPRD, Sabtu (12/11), saat tol Semarang-Ungaran dibuka.

Penjagaan pada hari berikutnya menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan. Pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) untuk mengatasi kemacetan.

Kepala Dishubkominfo Prayitno Sudaryanto berharap kemacetan di pintu tol Ungaran tidak terjadi. Petugasnya akan disiagakan di beberapa titik rawan macet. Mengenai kelengkapan rambu, Dishubkominfo siap mendukung penuh.

Ketua Komisi D DPRD Jateng Rukma Setyabudi menyambut baik pembukaan tol Semarang-Ungaran. Selain mengurai kemacetan di kawasan Watugong, Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Semarang, tol juga akan memperlancar roda perekonomian di Jateng.

”Kami berharap, keamanan pengguna tol terjamin. Artinya, konstruksi jalan dan jembatan harus benar-benar aman untuk dilewati, jangan seperti tol Cipularang yang dulu pernah ambles,” katanya.

Selain itu, semua persoalan terkait jalan bebas hambatan tersebut harus dituntaskan, seperti pembebasan tanah dan pelunasan uang jasa subkontraktor. Itu perlu diperhatikan agar nanti tidak ada demo setelah peresmian tol. (K33,J17,J14-59)
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar