javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Selasa, 08 November 2011

Pak Danang Ngetrail, Pak Gub Mbonceng

Pameran Foto Meretas Perjalanan Tol 80 Km

KEPALA Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, Danang Atmaja tak menyangka gurauannya bersama Gubernur Jateng Bibit Waluyo di sela-sela kunjungan proyek pembangunan tol Semarang-Ungaran terekam jelas dalam sebuah foto. Foto berukuran 40x60 cm karya fotografer Suara Merdeka Maulana M Fahmi yang dipamerkan mampu membuat ekspresinya yang semula serius menjadi tertawa lepas.

Yah, pasalnya saat itu ia bersama Wali Kota Semarang Soemarmo HS sedang serius menikmati foto-foto yang terpajang apik di deretan sketsel. Dia tak menyangka ada sebuah foto human interest yang menggambarkan jelas ekspresinya bersama Gubernur Jateng Bibit Waluyo tengah bercanda.

Gubernur dalam gambar terlihat jelas melingkarkan tangan di pinggulnya seolah-olah seperti membonceng kendaraan. Sementara Danang berkespresi seolah-olah mengendarai motor.

"Saya ingat betul foto ini saat kami melakukan kunjungan ke proyek tol terkait kesiapan digelarnya kegiatan trabas motor Jelajah Ndesa Mbangun Desa oleh Pemprov Jawa Tengah. Pak Gub saat itu bercanda seolah-olah membonceng trail menyusuri tol sepanjang 12 km," ungkap Danang mengenang kejadian dengan latar belakang gerbang tol Banyumanik tersebut.

Jika Danang terkesan dengan foto berjudul "Bercandaan di Sela Kunjungan", Soemarmo pun mempunyai kesan mendalam dengan foto berjudul "Ganti Untung" karya fotografer Radar Semarang Adityo Dwi. Dalam foto tergambar ekspresi Soemarmo yang saat itu sebagai Sekda Kota Semarang menyerahkan uang ganti untung atas tanah milik mantan Wali Kota Semarang Soetrisno Soeharto di kantor Kelurahan Gedawang.

"Wah, kalau ini saat saya masih menjabat Sekda. Masih terlihat muda ya saat itu," gurau Soemarmo disambut tawa wartawan dan rombongan wali kota serta tamu undangan.

Yah, dua foto tersebut adalah sebagian dari 50 foto yang dipamerkan oleh para fotografer media di Semarang yang tergabung dalam PFI Semarang. Masih banyak foto-foto menarik yang secara gamblang memperlihatkan proses pembangunan tol Semarang-Ungaran dari masa ke masa dari berbagai sudut pengambilan gambar.

Kamera Antik

Seperti foto karya fotografer Kompas P Raditya Mahendra Yasa yang menampilkan seorang siswa SD melintas di antara puing rumahnya yang terkena proyek tol. Foto karya Wahyu Sulistyawan pun tak kalah menariknya menampilkan aktivitas pekerja dalam prosesi pemindahan tiang listrik karena terkena proyek tol.

Sementara fotografer Seputar Indonesia Arif Nugroho mengambarkan aktivitas pamasangan tiang pancang pertama di Kelurahan Kramas oleh Gubernur Jateng. Tak hanya aktivitas pekerja yang ditampilkan, gelaran event sepeda wisata yang pernah digelar dengan rute tol tersebut juga ditampilkan melalui karya fotografer Harian Wawasan Weynes.

Acara pembukaan oleh Danang Atmojo mewakili Gubernur dikemas dengan prosesi yang tidak biasa. Dia membuka pameran ditandai dengan menyingkap tabir penutup foto perdana berjudul "Landscape Tol Semarang-Ungaran" karya fotografer Maulana M Fahmi di atas panggung.

Nah, yang unik Danang dipersilakan untuk mengabadikan panitia menggunakan kamera antik Rolleiflex seri T buatan jerman 62 koleksi Djoni S, kolektor kamera antik warga Karangwulan.

Usai memotret, dia tidak menggunting pita. Tetapi, panitia mengganti pita dengan negatif film dengan tiang di sampingnya yang terpajang di mesin cetak foto kuno merk Lupo buatan Italia tahun 1960 dan Rowi buatan Jerman tahun 1958.

Danang mengapresiasi positif digelarnya pameran tersebut. "Kami sangat apresiatif terhadap pameran foto ini. Pameran bisa menjadi media sosialisasi kepada masyarakat. Karena proyek pembangunan tol sejatinya adalah dibangun untuk melayani rakyat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya warga Solo hingga Semarang," jelasnya.

Ketua Pameran Dhani Esparados mengatakan pameran sebagai salah satu bentuk apresiasi fotografer media di Semarang untuk menampilkan secara gamblang proses pembangunan tol Semarang-Solo.

"Dengan foto-foto ini, kami mencoba mengangkat beragam sisi proses pembangunan dari awal hingga saat ini. Diharapkan, karya-karya ini mampu menjadi bagian dari catatan sejarah yang terdokumentasikan," jelasnya.

( Ranin Agung /CN26 / JBSM )
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar