javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
INFO : REUNI AKBAR SMP N 2 SIMO BOYOLALI 2017 BULAN DESEMBER 2017....AYOO BERGABUNG (Info&Pendaftaran : 085727059929)

cari di blog ini

Selasa, 30 April 2013

Warga Minta Harga 12 Kali Lipat

Pembebasan Lahan Tol

ilustrasi
SIDOREJO - Sejumlah warga Kelurahan Kauman Kidul, Salatiga, yang tanahnya bakal terkena proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo mengangap harga ganti rugi tanah yang ditawarkan Tim Pembebasan Tanah (TPT) tak masuk akal. TPT menawarkan harga tanah zona sawah 2 dihargai Rp 59.000/m2.

Warga berharap tanahnya dihargai dua belas kali lipat dari yang ditawarkan TPT. Hal itu terungkap dalam Sosiali­sasi Jalan Tol Trans Jawa Se­marang-Solo di aula Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Senin (29/4). Kegiatan dihadiri Ketua TPT Tol Bawen-Salatiga, Heru Budi Prasetyo, Kabag Tata Pemerintahan Setda Kota Salatiga Dra Tatik Rusmiati, Muspika setempat, serta warga yang tanahnya bakal terkena proyek tol.

Toha, salah satu warga mengungkapakan, tawaran harga dari TPT masih jauh dari harapan. Pasalnya harga umum saja masih lebih tinggi, sehingga pemerintah diharap bisa menghargai lebih tinggi lagi.

“Kami kecewa dengan ta­waran harga dari TPT. Katanya ganti untung, kok malah harganya jauh dari stnadar. Jika tawarannya seperti ini, warga menolak tanahnya dilewati jalan tol,” katanya.

Warga lain, Cicik mengatakan, tim penaksir harga harusnya lebih cermat lagi dalam menentukan harga tanah. Jika harga yang ditawarkan teralu rendah, nantinya warga akan kesulitan untuk membeli tanah baru karena uangnya tidak mencukupi.

Kategori

“Kami meminta harga paling tidak bisa mencapai 750.000 per meter persegi untuk zona sawah 2. Dengan begitu nantinya warga menjadi untung atas ganti rugi itu bukan malah rugi,” katanya.

Dalam sosialisasi itu, TPT menawarkan harga tanah tol di Kauam Kidul dengan berbagai kategori seperti pekarangan zona 1 yaitu pekarangan luar dihargai Rp 1.154.500.m2. Adapun zona 2 yaitu pekarang­an luar dihargai Rp 357.750/m2 dan zona 3 peka­rang­an dalam dihargai Rp 260. 000/m2. Untuk sawah zona 1 dita­war Rp 290.000/m2 dan sa­wah zona 2 senilai Rp 59.000/m2.

Ketua TPT Tol Bawen-Sa­latiga, Heru Budi Prasetyo me­ngatakan sesuai mekanisme proses penawaran masih terus berlangsung dalam musyawarah dengan warga. Warga menyampaikan usulannya dan pihaknya juga melakukan hal sama. Sesuai aturan, batas akhir penawaran setidaknya hingga 21 hari setelah sosialisasi pertama dilakukan. (H32-87)
 
sumber :