javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Kamis, 03 Oktober 2013

Realisasi Tol Trans Jawa Terkendala Pembebasan Lahan


ilustrasi
Jakarta, EnergiToday -- Progres lahan di tujuh ruas tol trans Jawa hingga kuartal III-2013 sebesar 78,1%. Capaian tersebut tidak memasukkan ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang karena proses pembebasan lahan masih sedikit dan sulit diselesaikan hingga akhir 2014.

Kasubdit Pengadaan Tanah Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Herry Marzuki mengatakan, realisasi pembebasan lahan di ruas tol Pemalang- Batang sepanjang 39 kilometer (km) baru sebesar 1,86%, sedangkan Batang-Semarang sepanjang 75 km sekitar 3,3%.

"Capaian ini masih amat kecil. Kalau dilakukan percepatan, juga akan sulit," kata Herry, seperti dilansir Harian Investor Daily, Selasa (1/10).

Apabila capaian dua ruas tol ini dimasukkan, realisasi pembebasan lahan tol trans hanya baru 58,9%. Adapun total lahan yang mesti dibebaskan untuk pembangunan sembilan rruas tol tersebut mencapai 5. 150, 53 hektare (ha).

Herry juga mengatakan, progres pembebasan lahan tol Semarang-Solo untuk seksi Bawen-Solo sudah ada pembayaran, meski masih kecil.

Kendala terberat dalam proses pembebasan lahan di tol trans Jawa adalah mengganti tanah kas desa, aset desa, serta tanah wakaf. Penyelesaian tanah ini harus mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri dan Gubernur. (Nani/ID).

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar