ilustrasi |
Jembatan tersebut berada di titik Lemahgempal. Jembatan sepanjang 899 meter itu berada di atas jurang dan menghubungkan beberapa bukit. Menurut David, jembatan dan Jalan Tol Ungaran-Bawen mampu menghemat waktu tempuh Semarang-Solo, dari 4 jam menjadi 2 jam. “Selama ini, jalur dua kota ini sering terhambat macet.”
Jalan Tol Ungaran-Bawen merupakan bagian dari proyek besar Jalan Tol Semarang-Solo senilai Rp 6,01 triliun. Ruas Bawen-Ungaran merupakan seksi II dari lima tahapan pembangunan tol Semarang-Solo. (Baca : ).
Secara keseluruhan, jalan tol Semarang-Solo terdiri dari lima seksi yakni Seksi I Semarang-Ungaran 11 kilometer, Ungaran-Bawen 11,95 kilometer, seksi III Bawen-Salatiga 17,29 kilometer, seksi IV Salatiga-Boyolali 24,31 kilometer, dan seksi V Boyolali-Solo 8,41 kilometer.
Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, menargetkan pembangunan jalan tol Semarang-Solo rampung pada 2014. “Hingga saat ini sisanya masih menunggu pembebasan lahan, setelah bebas langsung diselesaikan,” katanya.
Saat ini jalan tol Semarang-Solo baru rampung hingga seksi I dan II yakni ruas Semarang-Ungaran dan Ungaran-Bawen. Masih ada tiga seksi yang belum selesai yakni seksi III Bawen-Salatiga, Seksi IV Salatiga Boyolali, dan Seksi V Boyolali-Solo.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar