javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Jumat, 04 April 2014

Jalan Tol Ungaran-Bawen Diresmikan Hari Ini

JIBI


Bisnis.com, SEMARANG – Jalan Tol Semarang-Solo seksi Ungaran-Bawen akan diresmikan hari ini, Jumat (4/4/2014). Dengan demikian, ruas tol sepanjang 11,9 km tersebut fungsional.

Rencananya peresmian tersebut akan langsung dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto pada pukul 14:00 WIB.

Dengan dibukanya jalan tol tersebut, maka, ruas tol Semarang-Solo telah beroperasi dua seksi yakni Semarang-Ungaran dan Ungaran-Bawen. Kemudian, tinggal menunggu tiga seksi selanjutnya untuk beroperasi secara penuh.

Seperti tol lainnya yang baru beroperasi, tol yang dioperasikan oleh PT Trans Marga Jateng akan dibebaskan tarif selama sepekan.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan mengirim tim prakelaikan fungsi jalan tol Ungaran-Bawen pada pekan ini guna mempercepat pengoperasian jalan bebas hambatan tersebut. Tim ini akan menginformasikan berbagai kekurangan dan penyelesaian proyek tersebut.

Kepala BPJT Achmad Gani Ghazali menuturkan, tim tersebut terdiri atas Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Puslitbang Kementerian PU, dan lainnya. “Tim ini akan bekerja hingga akhir bulan atau Maret mendatang. Namun, tim ini tidak bisa memberikan laporan secara formal,” ujarnya.

Menurut dia, uji kelaikan jalan tol tersebut seharusnya mulai bekerja setelah dilakukan serah terima pekerjaan dari kontraktor kepada pemilik konsesi tol tersebut. “Namun, kami lihat hanya tinggal 200 meter yang belum selesai. Jadi, kami percepat agar proses perbaikan sekaligus,” katanya.

Berdasarkan rencana BPJT, proyek ini baru bisa dioperasikan pada April 2014. Namun, bila PT Trans Marga Jateng selaku pemilik konsesi tol ini bisa mempercepat penyelesaian konstruksi itu, tentu akan lebih baik. “Toh, itu juga akan mempercepat pengembalian investasi mereka,” katanya.

BPJT juga akan memulai pembahasan besaran tarif untuk ruas tol tersebut. Besaran tarif akan dihitung berdasarkan tingkat lintas harian rata-rata dan investasi yang telah dikucurkan oleh investor. “Ini mudah. Setelah diketahui tarifnya, tinggal usulkan ke Menteri Pekerjaan Umum dan disahkan,” kata dia.

Di tempat terpisah, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan, jalan tol Semarang-Solo seksi II jalur Ungaran-Bawen sepanjang 11,9 kilometer dijadwalkan akan mulai beroperasi akhir Maret 2014 setelah sempat mengalami beberapa kali penundaan akibat masalah teknis.

Dia menjelaskan, kendala penyelesaian proyek jalan tol Ungaran-Bawen berupa pemindahan tower saluran udara tegangan tinggi (SUTT) yang rawan roboh karena ada tanah longsor di sekitarnya. "Sekarang permasalahan itu sudah selesai diperbaiki dan secara keseluruhan proyek jalan tol Ungaran-Bawen sudah siap. Kami usul agar jalan tol ini diresmikan Presiden," katanya.

Sri menambahkan, jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Solo sedang dalam proses pembebasan lahan milik warga yang terkena proyek. Rata-rata untuk pembebasan lahan sudah di atas 80% dan jalan tol Semarang-Solo secara keseluruhan ditargetkan selesai pada 2015.

Di sisi lain, Gani mengungkapkan, pihaknya tidak bisa menerjunkan tim prakelaikan jalan tol untuk menguji kesiapan tol Bogor Ring Road (BORR) seksi 2A, menyusul belum ada hal yang bisa dinilai. “Di sana itu dibangun melayang, tapi belum diaspal, jadi belum bisa dinilai dari sisi kesesatan, IRRI, rambu, kesiapan operasi, dan lainnya,” kata dia.

Namun begitu, dia berharap proses pengerjaan jalan tol di Kota Hujan itu bisa segera diselesaikan paling cepat pada akhir Maret ataupun pada April. “Mudah-mudahn bisa bersamaan dengan tol Ungaran-Bawen, kan lebih cepat lebih efisien,” ujarnya.
 
sumber :