javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Jumat, 04 April 2014

Resmi beroperasi, ruas tol Ungaran-Bawen gratis 7 hari


Jalan Tol Semarang. ©2013 Merdeka.com/Istimewa
Merdeka.com - Hari ini, jalan tol Semarang-Solo seksi II ruas Ungaran-Bawen sepanjang 12 kilometer secara resmi dibuka. Para pengguna bisa melalui ruas ini tanpa pungutan biaya atau gratis selama seminggu ke depan.

"Seksi II Ungaran sepanjang 12 kilometer merupakan bagian dari tol Semarang-Solo dengan total 76 kilometer siap dioperasikan. Awal pengerjaan 2010 pengadaan tanah, kemudian konstruksi dilakukan awal 2012. Meski dengan tipografi, geografi dan demografi berat, semua hambatan dapat selesaikan bersama," tegas Direktur Trans Jasa Marga (PT. TMJ) Jateng Djadjat Sudrajat dalam sambutannya, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (4/4).

Jalan tol yang sudah dapat izin kelayakan operasi dari Kementerian PU per tanggal 2 April 2014 itu merupakan jenis tol dengan tipe panoramik. Sepanjang ruasnya terdapat pemandangan seperti perbukitan, tebing, hutan dan kawasan perumahan.

"Tol seksi II seperti seksi I dengan memiliki pemandangan cukup baik dan akan diusulkan tol panoramik berwawasan lingkungan. Dilengkapi dengan pembayaran E-Tol Card. Serta fasilitas GTO yang bisa digunakan bersama," ungkapnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyatakan terwujudnya jalan tol tak lepas dari peran dua Gubernur Jateng sebelumnya.

"Pak Mardiyanto mengide dan Pak Bibit mengeksekusi dengan tangan dingin. Teman-teman dari birokrasi, steak holder saya banyak sekali yang juga terlibat. Saya terima kasih, terutama kepada seluruh rakyat Jawa Tengah yang tanahnya diikhlaskan untuk kepentingan bangsa bersama ini," tegasnya.

Ganjar Pranowo bercerita bahwa dirinya sudah mendapatkan keluhan dan laporan dari masyarakat pengguna jalan yang meminta jalan tol Semarang-Solo Ruas II Bawen agar segera dibuka.

"Saya pengennya dibuka Minggu lalu. Long weekend-nya macet parah. Mereka (masyarakat) pingin dibuka cepat-cepat Minggu lalu. Hari ini di Sosmed sudah bisa dibaca, bahwa malam ini jalan tol Semarang-solo bisa dilalui dengan gratis selama tujuh hari," cetusnya.

Dibukanya tol Ungaran-Bawen ini selain dapat mengurangi kemacetan juga bisa lebih meningkatkan kemajuan ekonomi dan pendapatan di Jawa Tengah. Ganjar meyakinkan jika jalan tol Semarang-Solo sudah sempurna maka perjalanan menuju ke Solo yang biasanya ditempuh 2,5 jam bisa dipersingkat menjadi satu jam saja.

"Tol hubungkan kota-kota besar di Jawa Tengah. Kita sudah hitung sampai di Solo bisa satu jam. Kita akan bersaing PT. KAI untuk mengaktifkan kembali jalur-jalur. Percepatan ini untuk mendorong percepatan ekonomi," pungkasnya.

Pembukaan ruas tol ini dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto. Hadir dalam acara peresmian diantaranya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Mantan Gubernur Jateng Bibit Waluyo, Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman, Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah Krisdiani Syamsi dan Kapolda Jateng Irjen Noer Ali.
 
sumber :