javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Selasa, 01 April 2014

INFRASTRUKTUR : Operasional Jalan Tol Semarang-Solo Seksi Ungaran-Bawen Molor

ilustrasi

Bisnis.com, SEMARANG -- Operasional jalan tol Semarang-Solo seksi II, Ungaran-Bawen sepanjang 11,9 km yang direncanakan akhir Maret 2014, molor.

Pasalnya, hasil uji kelayakan yang dilakukan tim Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU), sampai sekarang belum rampung.

”Kami belum menerima laporan tim uji kelayakan jalan tol Ungaran-Bawen, sehingga belum tahu hasilnya,” kata Kepala BPJT, Ahmad Ghani Gazali ketika dihubungi dari Semarang, Selasa (1/4/2014).

Dia berharap bisa secepatnya menerima laporan dari tim BPJT tentang hasil uji kelayakan jalan bebas hambatan tersebut.

”Mudah-mudahan hari ini sudah bisa diterima,” imbuhnya.

Hasil kerja tim uji kelayakan, lanjut Ahmad akan dicek apakah sudah memenuhi persyaratan dan kelayakan jalan tol atau masih perlu ada perbaikan.

”Kami harapkan Jumat depan sudah ada kepastian layak operasional atau masih ada perbaikan jalan tol Ungaran-Bawen,” pungkasnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sebelumnya merasa optimistis operasional jalan tol Ungaran-Bawen bisa dilakukan akhir Maret 2014.

Operasional jalan tol tersebut sangat mendesak guna mengurai kemacetan arus lalu lintas di jalur utama Semarang-Ungaran-Solo.

”Paling lambat akhir Maret mendatang jalan tol Ungaran-Bawen sudah bisa dibuka ,” kata gubernur.

Jalan tol Ungaran-Bawen sebelumnya ditargetkan rampung akhir 2013, tapi gagal karena kendala adanya tower saluran udara tegangan tinggi (SUTET) yang berada di jalan bebas hambatan itu nyaris roboh.

Sementara, Kepala Dinas Bina Marga Jateng, Bambang Nugroho mengungkapkan uji kelayakan jalan tol Ungaran-Bawen sudah selesai dilakukan oleh tim BPJT dan pihak terkait yakni Dinas Bina Marga Jateng, Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dinhubkominfo) Jateng, dan Polri.

Tim sudah melakukan pengecakan di lapangan beberapa hari sampai Kamis (27/3). Hasilnya akan dirapatkan di Kementerian PU.

”Menteri PU nantinya yang berwenang menetapkan pembukaan jalan tol Ungaran-Bawen,” ungkap dia.

Bambang menambahkan bilai jalan bebas hambatan tersebut telah dibuka untuk dilalui kendaraan, maka akan digratiskan selama sekitar 10 hari.

”Sambil menunggu penetapan tarif jalan tol dari Kementerian PU, maka masyarakat bisa menggunakan jalan tol Ungaran-Bawen gratis,” ujar dia.

Pembukaan jalan tol Ungaran-Bawen, menurut Bambang akan akan dilakukan dengan seremonial sederhana oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

”Mudah-mudahan dalam pekan, jalan tol Ungaran-Bawen sudah bisa dibuka untuk umum,” harap dia.

sumber :