javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Selasa, 04 Desember 2012

TOL TRANS JAWA: Percepat pembebasan lahan!


ilustrasi
JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meminta beberapa ruas Trans Jawa yang pembebasan lahannya bagus untuk segera memulai groundbreaking sehingga 2014 dapat selesai.

Beberapa ruas tol Trans Jawa yang pembebasan lahannya cukup bagus dan diharapkan dapat diselesaikan pengerjaannya tahun 2014 antara lain Cikampek-Palimanan, Semarang-Solo, dan Solo–Kertosono. Ruas Cikampek-Palimanan dan Semarang-Solo diyakini menjadi dua ruas Trans Jawa yang paling mungkin selesai 2014.

“Yang bisa dimulai tahun 2013 itu tergantung kesiapan tanah. Tapi yang 2014 itu mudah-mudahan Cikampek-Palimanan, Semarang-Solo, sebagian ruas Solo-Kertosono yang 160 kilometer, mungkin sepertiga atau seperempatnya bisa selesai. Sumo juga bisa sebagian selesai” ujar Djoko Kirmanto.

Djoko mengungkapkan pembangunan jalan bebas hambatan yang melintasi pulau Jawa itu masih berhadapan dengan masalah klasik seputar pembebasan lahan. “Iya masalah lahan yang utama” ungkapnya.

Untuk ruas Cikampek-Palimanan, Djoko mengungkapkan pembebasan lahan sudah mencapai 97,5% sehingga diharapkan segera dilakukan pengerjaan konstruksi. Pemegang konsesi ruas tol Cikampek-Palimanan, PT Lintas Marga Sedaya hingga sejauh ini belum bisa melakukan konstruksi besar-besaran karena masih terhambatnya pembiayaan dari pihak bank yang meminta pembebasan lahan harus 100%.

“Yang mudah-mudahan selesai 2014 itu Cikampek-Palimanan tanahnya sudah bebas 97,5%, diharapkan saat ini sudah mulai konstruksi. Di sana ada berapa ratus meter sudah land clearing di daerah Cikampek dan Cirebon. Belum bisa besar-besaran karena tunggu bebas 100%, kalau sudah itu pembiayaan bisa cair” papar Djoko.

Lebih lanjut Djoko menjelaskan, pihaknya terus berusaha untuk usaha meyakinkan perbankan sehingga pendanaan bisa cair dan pemegang konsesi bisa menggarap tol enam seksi dengan panjang 116 kilometer itu. “Dana dari PU pun juga sudah cair meski belum berjalan karena dititipkan ke pengadilan. Nah, tinggal kita menyakini bank” ungkapnya.

Adapun nilai investasi untuk ruas Cikampek-Palimanan diperkirakan mencapai Rp12,6 triliun. Sebelumnya sindikasi perbankan memberikan kredit sebesar Rp8,8 triliun untuk membiayai pembangunan jalan tol itu. (arh)
sumber :
bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar