javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Jumat, 10 Juni 2016

Tol Solo-Sragen Beroperasi, Bunderan Kartasura Potensial Lebih Macet

Lalu Lintas Sukoharjo akan terpengaruh dengan pengoperasian tol Solo-Sragen.

Kondisi arus lalu lintas di Simpang Empat Kartasura 
ramai lancar pada sehari menjelang Lebaran atau H-1 
Lebaran, Kamis (16/7/2015). 
(Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)



Solopos.com, SUKOHARJO – Bunderan Kartasura diprediksi menjadi lokasi sentral rawan kemacetan arus lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2016. Kondisi itu dipengaruhi dibukanya akses jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di wilayah Ngemplak, Boyolali.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Kamis (9/6/2016), jalan tol Soker di wilayah Ngemplak, Boyolali dibuka sementara pada beberapa hari menjelang Lebaran. Hal itu dilakukan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2016.

Secara geografis, wilayah Ngemplak, Boyolali, berbatasan langsung dengan Kecamatan Kartasura. Otomatis kendaraan bermotor yang hendak melewati jalan tol Soker dari arah Solo-Semarang maupun sebaliknya dipastikan melewati Bunderan Kartasura.

Kondisi ini bakal diperparah dengan kendaraan bermotor pemudik dari arah Jogja-Solo atau sebaliknya yang juga dipastikan melewati Bunderan Kartasura. Tak pelak, Bunderan Kartasura menjadi lokasi sentral rawan kemacetan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2016.

Kasatlantas Sukoharjo, AKP Finan Sukma Pradipta, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, mengatakan telah berkoordinasi dengan satuan kerja (satker) proyek tol soker pada beberapa hari lalu. Rencananya, akses jalan tol soker di wilayah Ngemplak, Boyolali, bakal dibuka hanya pada siang hari saat arus mudik dan balik Lebaran.

“Belum ada lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sepanjang jalan tol. Jadi jalan tol hanya dioperasikan sementara pada pagi hari-siang hari,” kata dia, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis.

Pintu masuk jalan tol terletak di perbatasan wilayah antara Kabupaten Boyolali dengan Kabupaten Sukoharjo. Kendaraan bermotor dari arah Solo menuju Semarang diperkirakan bakal memilih melewati jalan tol. Kendaraan bermotor itu bakal antri masuk jalan tol melewati Bunderan Kartasura.

Belum lagi kendaraan bermotor pemudik dari Jogja-Solo-Surabaya yang juga dipastikan melewati Bunderan Kartasura. “Bunderan Kartasura menjadi lokasi utama rawan kemacetan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran. Bunderan Kartasura merupakan lokasi pertemuan arus lalu lintas dari Jogja, Solo, dan Semarang,” papar dia.

Lebih jauh, Kasatlantas menambahkan petugas bakal disiagakan nonstop di sekitar Bunderan Kartasura dan Simpang Empat Kartasura saat arus mudik dan balik Lebaran. Mereka segera turun lapangan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas.

Di sisi lain, seorang warga Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Maryanto, 43, meminta instansi terkait agar melarang kendaraan berat melewati Underpass Makamhaji saat arus mudik dan balik Lebaran. Lantaran arus lalu lintas menuju Bunderan Kartasura macet total, kendaraan berat memilih melewati underpass menuju Kota Solo dan Jawa Timur.

“Jumlah kendaraan berat yang melewati underpass cukup banyak saat arus mudik Lebaran. Mestinya kendaraan berat dilarang melewati underpass lantaran mengganggu pengguna jalan lainnya,” kata dia

sumber :