javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Rabu, 08 Juni 2016

Tol Baru Trans Jawa Siap Digunakan untuk Mudik Tahun ini


Salah satunya Pejagan-Pemalang dengan panjang 57,5 kilometer.

Ilustrasi/Proyek jalan Tol Trans Jawa (Kementerian PU)

VIVA.co.id – Menjelang hari raya Idul Fitri, masyarakat berbondong-bondong kembali ke kampung halaman untuk berlebaran. Maka sejumlah jalan tol baru akan mulai dioperasikan secara penuh di jalur trans Jawa saat mudik Lebaran tahun ini.

Salah satu diantara ruas tol tersebut adalah ruas Pejagan-Pemalang dengan panjang 57,5 kilometer (km) yang terdiri dari empat seksi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengungkapkan bahwa tol ini setidaknya dapat dipakai sebanyak dua seksi saat mudik lebaran tahun ini, diantaranya adalah seksi satu dari Pejagan-Brebes Barat, dan Seksi dua Brebes Barat-Brebes Timur.

"Progres konstruksi dua seksi ini sudah mencapai 100 persen, sudah beroperasi penuh sepanjang 20,2 km," kata Herry kepada VIVA.co.id di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa 7 Juni 2016.

Selain itu, ia menambahkan bahwa ada beberapa ruas yang juga dapat digunakan secara fungsional. Artinya, jalan tersebut dapat digunakan sebagai jalan tol yang tidak berbayar. Namun, sebagai jalan fungsional yang tidak dipungut biaya, pemudik harus melewati jalan tersebut dengan kondisi jalan yang masih sedikit berkerikil.

Jalan tersebut diantaranya adalah ruas jalan tol Semarang-Solo yakni seksi tiga dari Bawean menuju Salatiga dengan panjang 17,57 km. Lalu, ruas jalan tol Solo ngawi sepanjang 24 km dengan dua segmen yaitu Solo IC-Karanganyar IC dan Karanganyar IC-Sragen IC. Lebih lanjut, yaitu ruas jalan tol Kertosono-Mojokerto segmen Mojokerto Barat-Mojokerto Utara.

"Untuk mendukung arus mudik, nanti ini difokuskan menjadi satu arah dan dua lajur, kalau musim arus balik ya kita balik," kata dia.

Sementara untuk tol ruas Mojokerto-Surabaya, saat ini seksi empat telah diresmikan dan dapat dioperasikan secara penuh. Tol ini terdiri dari lima seksi.

sumber :