javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Rabu, 26 Maret 2014

Tanpa Pembenahan Bandara dan Pelabuhan Tol Semarang-Solo Hanya Untungkan Surabaya


Bisnis.com, SEMARANG--Tanpa dibarengi pembenahan infrastruktur bandara dan pelabuhan di Jawa Tengah, aktivasi jalan tol Semarang-Solo akan dinikmati oleh Surabaya, Jawa Timur.

Tim Advokasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah Agung Wahono menuturkan pembangunan jalan tol Semarang-Solo menambah kapasitas jalan di Jateng dan berpotensi meningkatkan distribusi barang dan jasa.

"Tapi kalau bandara dan pelabuhan tidak siap, nanti tol Semarang-Solo itu yang menikmati Surabaya. Industri dari Solo bisa langsung ke Surabaya," katanya dalam Forum Ekonomi dan Bisnis yang digelar Bank Indonesia, Rabu (26/3/2014).

Saat ini, imbuhnya, kapasitas Bandara Ahmad Yani Semarang relatif kecil sehingga tidak bisa melayani angkutan kargo. Akibatnya, pengangkutan kargo melalui transportasi udara dari sentra industri Jateng harus dilakukan via Bandara Adi Soemarmo Surakarta ataupun Bandara Juanda Surabaya.

Kendati demikian, prospek membaiknya arus barang di Jateng dan sekitarnya berpotensi terjadi seiring rampungnya proyek jalur ganda kereta api Pantai Utara dan reaktivasi jalur kereta api Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

"Kalau kereta kontainer ke Tanjung Emas dihidupkan kembali bagus sekali, apalagi ada double track Pantura juga," ujarnya.

Kelancaran arus distribusi tersebut, imbuh Agung, sangat peting untuk memastikan pasokan bahan baku dan bahan penolong yang didatangkan dari luar daerah ataupun berasal dari impor.

"Industri garmen itu sebagian besar eksportir, tapi bahan baku dan penolongnnya impor. Kepastian pasokan dan distribusi produk sangat penting, buyers tidak segan-segan memberikan pinalti kalau terjadi ketidakpastian," tutur Agung.

Apabila infrastruktur penunjang transportasi berupa jalur kereta api, perluasan bandara dan pelabuhan digenjot, dia optimistis ongkos distribusi US$1.000/ton dapat ditekan.
sumber :
bisnis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar