javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Sabtu, 16 April 2016

INFRASTRUKTUR BOYOLALI : Ini Lima Ruas Jalan Yang Diperbaiki di Kawasan Tol Soker


Infrastruktur Boyolali, Pemkab memperbaiki sejumlah 
jalan di sekitar pintu tol Solo-Kertosono (Soker).
Ilustrasi (JIBI/Antara/Fikri Yusuf)

Solopos.com, BOYOLALI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali tahun ini akan memperbaiki lima ruas jalan di sekitar pintu masuk tol Solo-Kertosono (Soker). Perbaikan lima ruas jalan itu untuk mendukung dibukanya tol soker pada lebaran tahun ini dan sekaligus sebagai akses menuju ke Bandara Adi Soemarmo Solo.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPU ESDM Boyolali, Nyoto Widodo, mengatakan pemkab baru mengetahui jalan tol Soker akan difungsikan sebagai jalan alternatif lebaran tahun ini pada Selasa (12/4/2016) saat diundang rapat koordinasi oleh pelaksana pembangunan tol Soker. Dalam koordinasi tersebut wilayah Boyolali yang dijadikan sebagai akses masuk tol adalah di Desa Ngesrep, Ngemplak tepatnya di jalan raya Mangu-Sambi.

“Pintu masuk jalan tol nanti berada di sisi kiri underpass tol Soker yang ada di jalan raya Mangu-Ngemplak,” ujar Nyoto saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (16/4/2016).

Nyoto mengatakan untuk mendukung kelancaran arus mudik di jalan tol Soker, pemkab tahun ini akan memperbaiki lima ruas jalan yang berada di sekitar pintu masuk jalan tol. Kelima ruas jalan itu yakni jalan Mangu-Ngemplak dengan dana senilai Rp5,6 miliar, Mangu-Tanjungsari senilai Rp2,3 miliar, Tanjungsari-Sawahan senilai Rp3,4 miliar, Donohudan-Gagaksipat senilai Rp2,3 miliar, dan Asrama Haji Donohudan-Gorongan senilai Rp1,17 miliar.

“Total dana untuk memperbaiki lima ruas jalan untuk mendukung pengoperasian tol Soker dan bandara tahun ini senilai Rp15 miliar dari APBD Provinsi Jateng 2016,” kata dia.

Ia mengakui jalan di wilayah tersebut kondisinya banyak yang rusak parah akibat pembangunan jalan tol. Truk bermuatan berat membawa tanah urug keluar masuk setiap hari di lima ruas jalan tersebut mengakibatkan jalan menjadi rusak.

“Perbaikan jalan tersebut nantinya ada yang dibeton agar kondisi jalan tahan lama,” kata dia.

Selain memperbaiki jalan rusak, kata dia, pemkab tahun ini juga memperbaiki saluran air yang rusak akibat proyek tol di lima ruas jalan di dekat pintu masuk tol Soker. Perbaikan saluran air dilakukan agar ketika hujan jalan tidak tergenang.Untuk memperbaiki saluran air yang rusak pemkab akan koordinasi dengan pelaksana tol Soker.

“Pelaksanaan perbaikan lima ruas jalan itu saat ini baru masuk tahap lelang. Rencananya perbaikan mulai dikerjakan awal Mei,” kata dia.

Ia menargetkan perbaikan jalan rusak di lima lokasi itu selesai sebelum arus mudik. Perbaikan akan dilakukan secara bersamaan.

Sementara itu, Kepala DPU ESDM, M. Qodri, mengatakan pemkab hanya sebatas memiliki kewenangan memberbaiki jalan rusak yang ada disekitar bandara dan tol Soker untuk kelancaran mudik tahun ini. Soal masih adanya warga yang belum setuju besaran ganti rugi sudah ditangani tim khusus dari pusat.

sumber :