javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Kamis, 20 Juni 2013

TOL SOKER : Jembatan Kabel, Point of Interest Kota Solo

BOYOLALI – Bangunan cabble stay (jembatan kabel) yang akan segera digarap PT Adhi Karya pada proyek Tol Solo-Kertosono di Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali diproyeksi menjadi point of interest (pusat perhatian) Kota Solo. Pasalnya, jembatan tersebut juga menjadi pintu gerbang jalan tol untuk keluar atau masuk Kota Solo.

Pelaksana proyek PT Adhi Karya, Budi Utomo, 32, ketika ditemui Solopos.com di lokasi proyek, Selasa (18/6/2013), mengatakan jembatan itu nanti akan menghubungkan antara bagian di sebelah selatan [dekat dengan Balaidesa Sawahan] yang rencananya akan difungsikan sebagai gerbang tol dengan tumpuan beton di sebelah utara. Selanjutnya, dari tumpuan tersebut akan dibangun jalan melingkar yang menyambung dengan jalan tol utama di bawah jembatan.

“Tak seperti gerbong tol pada umumnya yang hanya memiliki satu fungsi, keluar atau masuk. Gerbang tol yang nanti dibangun di selatan jembatan kabel berfungsi sebagai gerbang tol masuk dan gerbang tol keluar. Tak heran, jembatan kabel nanti akan menjadi point of interest Kota Solo,” terangnya.

Menurutnya, kendaraan dari luar kota yang menuju Solo akan melewati jalan melingkar pada tumpuan di sebelah utara Tol Soker. Kendaraan kemudian bergerak menuju gerbang tol di sebelah selatan melalui jembatan kabel. Sementara, kendaraan dari Solo yang akan keluar kota akan diarahkan melewati jalan cabang di sisi barat dan timur jembatan kabel menuju jalan tol utama.

“Jembatan itu nanti akan dipasangi lampu-lampu yang akan dinyalakan pada malam hari. Saya yakin, pemandangannya akan sangat indah. Jembatan itu juga akan jadi ikon Kota Solo meski berada di wilayah Boyolali,” terangnya.

Ia menambahkan, cabble stay untuk jalan tol kali pertama diaplikasikan di Tol Soker. Ia mengaku telah mendapat mandat langsung dari pimpinan PT Adhi Karya untuk mengerjakan proyek itu sesempurna mungkin.

Sebelumnya, PT Adhi Karya sebagai kontraktor pembuatan cabble stay pada proyek Tol Soker mulai menutup akses masuk tol di Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Selasa. Warga mendukung penutupan jalan tol karena jalan tersebut sering dimanfaatkan untuk balapan liar.
 
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar