javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Jumat, 04 Juli 2014

Tol Cikampek-Palimanan Baru Terbangun 30% dari Total Panjang 116 Km



Jakarta -Proyek Tol Cikampek-Palimanan, Jawa Barat saat ini konstruksinya sudah mencapai 30% dari total panjang 116 Km. Akhir 2015, tol ini ditargetkan sudah bisa beroperasi.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto (Djokir) mengatakan pihaknya terus mendorong percepatan pembangunan. Seluruh pembabasan tanah sudah rampung diselesaikan. Jika tak ada aral melintang, bagian dari jaringan tol Trans Jawa ini akan bisa beroperasi di akhir 2015.

"Kalau badan usahanya ngebut, pemborongnya bagus, itu saya kira akhir 2015 sudah bisa difungsikan, paling tidak sebagian. Akhir tahun lah ya," kata Djokir ditemui di kantornya, Jumat (4/7/2014).

Sementara itu, ruas tol lain di jaringan Trans Jawa pun menurutnya tengah dikerjakan. Karena tol ini akan secara signifikan mengurangi tingkat kepadatan di jalur Pantura.

Djokir menyebutkan ruas tol Pejagan-Pamalang yang masih dilakukan pembebasan lahan. Dua pekan lagi, beberapa seksi di ruas ini akan segera dimulai pembangunannya.

"Pejagan-Pemalang itu ada 4 ruas, 2 ruas pembebasan tanah sudah hampir selesai, saya kira sekarang sudah proses, dalam seminggu dua minggu akan groundbreaking. Itu mulai dari Pejagan sampai Brebes belasan kilometer," tambahnya.

Lalu ruas Batang-Semarang pun tengah dalam proses negosiasi tanah. Ada beberapa bidang tanah yang dilalui tol ini adalah milik BUMN.


"Itu tanahnya di miliki oleh PTPN, dan kalau kita bicara dengan pak dirutnya, mereka tidak keberatan kalau iitu digunakan untuk jalan tol. Jadi itu sedang dalam proses," tambah dia.

Lalu ruas lain seperti Semarang-Solo, Semarng Bawen, Solo-Ngawi, Ngawi Kertosono, Mojokerto-Kertosono, dan ruas lainnya sedang dalam percepatan pembangunan.

Adapun ruas tol trans Jawa adalah:

1. Cikampek-Palimanan (116 km) 
2. Pejagan-Pemalang (58 km) 
3. Pemalang-Batang (39 km) 
4. Batang-Semarang (75 km) 
5. Semarang-Solo (73 km) 
6. Solo-Ngawi (90 km) 
7. Ngawi-Kertosono (87 km) 
8. Kertosono-Mojokerto (41 km) 
9. Mojokerto-Surabaya (36 km) 

sumber :