javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Rabu, 07 Agustus 2013

Dampak Pembukaan Tol, Lalu Lintas Jalur Alternatif Lengang

ilustrasi (foto : antara)
UNGARAN, suaramerdeka.com - Meski sudah disiapkan jauh-jauh hari oleh Pemkab Semarang dan Satlantas Polres Semarang, sejumlah jalur alternatif di Kabupaten Semarang hingga H-2 justru terlihat lenggang. Seperti alternatif dalam kota misalnya, jalan Ungaran-Beji tembus Babadan terpantau sepi hanya dilewati warga lokal. Begitu pula dengan alternatif Ambarawa dari arah Tuntang.

"Jalur alternatif cenderung lenggang, pengguna jalan terutama pesepeda motor memilih lewat jalur utama karena sepi menyusul kendaraan golongan I banyak yang lewat tol ruas Ungaran-Bawen," kata Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Gusman Fitra, Selasa (6/8).

Pihaknya memperkirakan, jalur alternatif akan ramai pada Lebaran nanti menyusul banyak dimanfaatkan oleh pemudik lokal yang notabene sudah terbiasa melalui jalur luar tersebut.

"Kemungkinan pengguna jalur alternatif akan meningkat pada H1 dan H2 Lebaran, mengingat jalur tersebut menjadi jalur utama untuk beraktivitas," lanjutnya.

Ditemui terpisah, Argo Wicaksana (29) pemudik motor tujuan Sragen mengaku lebih memilih jalur utama untuk menghindari salah jalur menuju wilayah Surakarta. "Apapun yang terjadi, walaupun sekalipun arusnya tersendat saya akan memilih jalur utama bukan alternatif untuk menghindari salah arah," paparnya.

Meski relatif lenggang, Kasat Lantas menghimbau pengguna jalan untuk waspada serta tidak zig zag saat melaju di jalur utama dan jalur alternatif Kabupaten Semarang. Patuhi semua rambu rambu dan petunjuk agar tidak salah arah tujuan.

"Patroli terbatas tetap kami lakukan mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, bagi pengguna jalan yang membutuhkan bantuan Saltantas bisa menghubungi call center 087747878000 atau sms center 0246922139," tukasnya.

Ditambahkan Kepala Dishubkominfo Kabupaten Semarang, Prayitno Sudaryanto, Lebaran nanti pihaknya akan memberlakukan satu jalur arah Bandungan. Pengguna jalan yang akan menuju Bandungan akan diarahkan masuk melalui Ambarawa karena jalur Lemah Abang akan dipergunakan untuk jalur turun atau keluar Bandungan.

"Kantong parkir akan kami sediakan di halaman Kecamatan Bandungan dan Kompleks PT KAI Bandungan. Warga yang akan menuju Gedongsongo akan disediakan angkutan oleh Organda," tambahnya.
 
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar