javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Senin, 16 Desember 2013

Pemerintah Mulai Lelang Jalan Tol Medan-Binjai

Investasi yang dibutuhkan untuk membangun jalan tol ini Rp1,2 triliun.


Pembangunan jalan tol. (Antara/ Indrianto Eko Suwarso)

VIVAnews - Badan Pengatur Jalan Tol berharap pada awal tahun depan sudah bisa melakukan tender untuk jalan tol Medan-Binjai. Tender ini dilakukan menyusul pembebasan tanah pada tahun depan diperkirakan mencapai lebih dari 75 persen .

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Achmad Gani Ghazali, kepada VIVAnews, Jumat 13 Desember 2013, mengungkapkan, saat ini memang pembebasan tanah masih nol persen.

"Tapi, kami sudah mendapatkan izin dari PTPN II yang mempunyai sebagian besar tanah," katanya.

Izin untuk jalan tol sepanjang 15,8 kilometer ini, menurut Gani, baru didapatkan secara lisan, dan tinggal menunggu izin tertulis. Dia memperkirakan biaya pengadaan tanah untuk ruas ini mencapai Rp259 miliar.

"Untuk biaya investasinya diperkirakan memerlukan Rp1,29 triliun," katanya.

Sementara itu, Kasubdit Pengadaan Tanah Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Herry Marzuki, mengatakan, direktoratnya sudah mengurus permasalahan tanah untuk tol ini sejak 2-3 tahun lalu.

Menurut dia, pembebasan tanah diharapkan selesai pada 2014, karena dari 15 kilometer panjang jalan tol ini, lahan sepanjang 12 kilometer adalah milik PTPN II. Dia menuturkan, PTPN sudah menyatakan minat mereka untuk berinvestasi di ruas jalan tol ini.

"PTPN mau ikut nimbrung. Jadi, pada triwulan pertama 2014, tanahnya sudah bebas 12 kilometer. Tinggal mengurus sisa 4 kilometer milik masyarakat," imbuhnya.

Herry menambahkan, untuk sisa tanah sepanjang 4 kilometer, halangannya tidak terlalu berat dan bisa diselesaikan kementerian sembari proses lelang berjalan. (art) 
sumber :
viva 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar