javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Jumat, 02 Mei 2014

Tol Ungaran-Bawen Bermasalah - Pengelola Didesak Gratiskan Tarif

Kondisi Jalan Tol Ungaran-Bawen Ambles Mulai Diperbaiki.
(Edy Susanto) sumber : kr jogja

SEMARANG - Tarif jalan tol Ungaran-Bawen perlu digra tiskan lagi mengingat ada titik jalan di ruas kilo meter (KM) 34+600 yang ambles sejak Senin (28/4) lalu. Tak pelak, amblesnya badan jalan itu menganggu kelancaran pengguna jalan. 

Ketua Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Semarang Ngargono mengatakan, amblesnya badan jalan di ruas itu jelas merugikan pengguna jalan, sebab berdasarkan standar pelayanan mi - nimum (SPM) yang diatur oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU), pengguna jalan tol berhak mendapatkan pelayananan yang aman dan nyaman. “Dengan amblesnya jalan di ruas tersebut, otomatis mengurangi waktu tempuh pengguna jalan,” katanya kemarin. Dengan kondisi seperti itu, pihaknya mendesak kepada manajemen PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola jalan tol agar kembali menggatiskan tarif penggunaan jelan bebas hem - bat an tersebut. 

“Kalau pengguna jalan itu sudah membayar, seharusnya mendapatkan pelayan an sesuai dengan SPM. Karena itu, saya harap tarifnya dibebaskan dulu sampai jalan itu di pastikan nyaman dan tidak ada gangguan,” imbuh dia. Ngargono juga me m per ta - nya kan uji kelayakan jalan bebas hambatan itu. Dia menilai, pengoperasian jalan sepanjang sepanjang 11, 95 km itu terkesan dipaksakan. “Faktanya, jalan tol yang dioperasikan belum ada satu bulan ini, ternyata ada badan jalannya yang ambles,” katanya. 

Padahal, lanjut Ngargono, jauh-jauh hari pengambil ke bi - jak an sudah diingatkan oleh para ahli, bahwa jalan tol yang saat ini sudah dibangun itu rawan terjadi keretakan, karena berada di tanah yang labil, tapi tetap dilanjutkan pem ba ngun - an nya. “Pendapat para ahli itu terbukti, tanahnya benar-benar ambles,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Ach - mad Gani memperingatkan PT TMJ untuk selalu berhati-hati dalam mengoperasikan jalan tol Semarang-Solo seksi II Ungar - an-Bawen. Sebab, kondisi tanah di jalan tol Ungaran-Bawen itu berbeda dengan kondisi jalan tol di tempat lainnya. 

“TMJ me - mang harus berhati-hati. Ka - rena kondisi alam di jalan tol Ungaran-Bawen ini berbeda, dan jarang sekali ada di tempat lainnya,” urainya. Dia mengatakan, perlu mo ni - toring yang serius agar tidak membahayakan pengendara yang melintas di jalan tersebut. “Kami sudah membentuk pakar yang dapat memantau terus kondisi jalan itu,” katanya. Achmad Gani mengakui, ada beberapa titik lahan jalan tol yang dalam kondisi labil. Se hingga harus dipantau terus. Meski demikian, diamengklaimkondisi tanah itu tidak akan membaha ya - kan pengendara karena berada dalam pengawasan. “Karena kami terus melakukan kontrol. Kemarin itu bahu jalannya turun, sudah dinjeksi dan sementara ditutup terpal. Bagian yang amblas itu bagian oprit setelah jembatan,” jelasnya. amin fauzi

sumber :