javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Kamis, 01 Mei 2014

JALAN TOL Ungaran – Bawen Ambles, TMJ Suntik Beton




Bisnis.com, SEMARANG—PT Trans Marga Jateng segera melakukan langkah darurat menyuntikkan beton di titik amblesnya ruas jalan KM 34+200 pada abutment atau pangkal jembatan Lemah Ireng 1 tol Ungaran – Bawen. 

Titik di ruas tol Semarang – Solo seksi II itu ambles sepanjang 15 meter dan lebar 4 meter, padahal belum genap sebulan diresmikan Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto pada 4 April, yang juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

General Manager Teknik dan Operasi TMJ Ari Irianto menuturkan amblesnya ruas jalan itu akibat saluran air yang berada di bawah ruas jalan itu retak terdesak air tanah, sehingga memengaruhi kekuatan permukaan jalan. 

“Segera ada langkah darurat dengan menyuntikkan beton ke rongga yang kosong di bawah jalan yang ambles. Ini sebagai pengamanan konstruksi jangka pendek,” jelasnya, Rabu (30/4/2014). 

Selain itu, TMJ telah memasang rambu pengamanan barrier dan traffic cone di ruas jalan yang ambles sebagai langkah antisipasi peretakan yang semakin besar akibat air hujan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah meminta Bina Marga Provinsi untuk menindaklanjuti dan melakukan koordinasi mengenai perbaikan dan penanganan kelancaran jalur. “Sudah ada inspeksi Bina Marga, yang penting dipakai untuk jalan dulu sambil melakukan pembenahan,” ujarnya.

Ruas jalan tersebut diketahui memiliki permasalahan geologis terkait soiling, juga ada kondisi tanah yang secara geologis tidak umum, pasalnya jika didiamkan akan menjadi batu, sementara jika celahnya terkena air akan menjadi tanah liat.

“Kalau kering pecah akan jadi seperti pasir, saya tidak tau ilmunya. Yang jelas sudah mendapat laporan dan meminta jajaran terkait untuk turun cepat jangan sampai ada kendala.” 

Adapun, struktur tanah ambles juga mengancam flyover Blondo tidak jauh dari titik ambles. Sebelumnya, dinding tebing pada ruas tol Ungaran – Bawen ambrol dan longsor dan hingga kini masih dalam proses perbaikan.

sumber :