javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Selasa, 10 April 2012

Tol Gempol-Pandaan Dibangun

INFRASTRUKTUR JALAN


JAKARTA (Suara Karya): Proses pembangunan ruas tol Gempol-Pandaan di Jawa Timur (Jatim) dimulai. Jalan tol yang merupakan bagian dari rangkaian tol trans-Jawa ini memiliki panjang 13,61 kilometer (km). Jalan tol ini dibangun dan dioperasikan oleh PT Margabumi Adhikarya dengan nilai investasi Rp 1,2 triliun dan masa konsesi 35 tahun.
 
"Nilai investasi pembangunan jalan Tol Gempol-Pandaan akan dipenuhi melalui modal sendiri dan pinjaman dari Bank Panin," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/4). 
 
Menurut dia, jalan Tol Gempol-Pandaan merupakan bagian terpenting dari jaringan jalan yang menghubungkan Surabaya dan Malang. Apalagi juga merupakan salah satu pendukung utama sistem distribusi barang dan jasa di wilayah Jawa bagian timur. 
 
Dalam proses pengadaan tanah, Kementerian PU mengalokasikan dana pinjaman dari Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp 90 miliar. Hingga saat ini, kebutuhan tanah untuk konstruksi tol seluas 102,85 hektare terpenuhi 99,82 persen atau 102,67 hektare serta siap dibangun. "Sedangkan sisa tanah yang dibutuhkan masih dalam proses penyelesaian melalui musyawarah dan diharapkan dapat segera dituntaskan," ujarnya. 
 
Sementara itu, Direktur PT Margabumi Adhikarya Setiono mengatakan, Tol Gempol-Pandaan merupakan bagian dari tiga ruas jalan tol yang akan dibangun di Surabaya dan bagian dari jaringan jalan tol trans Jawa. Waktu pengerjaannya diperkirakan memakan waktu 15 bulan untuk selanjutnya siap dioperasikan.
 
"Kita usahakan bisa lebih cepat dan ditargetkan 2013 sudah bisa beroperasi. Kami juga akan melanjutkan pembangunan jalan tol dari Gempol ke Pasuruan. Tol trans-Jawa merupakan prioritas utama untuk diselesaikan pembangunannya, karena tingkat lalu lintasnya tertinggi, khususnya terkait angkutan barang dan jasa. Untuk itu, pada 2014 sebagian besar ruas tol trans-Jawa sudah beroperasi. Masalah tanah mudah-mudahan bisa diselesaikan sesuai target," tuturnya. 
 
Di lain pihak, pembangunan konstruksi untuk jalan Tol Semarang-Solo seksi II (ruas Ungaran-Bawen) sepanjang 11,9 km di Jawa Tengah, ditargetkan bisa selesai sebelum pertengahan tahun depan. 
 
Pengerjaan ruas Tol Ungaran-Bawen terbagi menjadi 4 paket pekerjaan konstruksi. Yakni ruas Kalirejo-Beji (3,25 km) Beji-Tinalun (3,9 km), Tinalun-Lemah Ireng (3,825 km), dan Lemah Ireng-Bawen (1,015 km). Untuk pelaksanaan konstruksi, PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku investor bekerja sama dengan 3 kontraktor BUMN lainnya. Berdasarkan data TMJ, hingga saat ini lahan yang berhasil dibebaskan mencapai 88 persen dari total 136 ha yang harus dibebaskan. Sisanya masih terkendala kesepakatan harga ganti rugi. (Novi) 
 
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar