javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
Marhaban Yaa Ramadhan...Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1437 H

cari di blog ini

Memuat...

Jumat, 27 Mei 2016

Proyek Tol Semarang-Demak Dilelang Akhir Tahun ini


Foto: Agung Pambudhy
Salatiga - Proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak yang sempat mangkrak beberapa tahun akan segera berjalan. Lelang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna, mengatakan prosesnya sama dengan proyek tol lainnya, yaitu mulai pembebasan lahan dan berikutnya tender.

"Kalau bermasalah (lahan), ada relokasi. Masih berjalan," kata Herry, saat mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meninjau tol Bawen-Salatiga, Jumat (27/5/2016).

"Tender mungkin agak di belakang, diupayakan tahun ini. Kalau tender butuh 5 bulan, terus konstruksi dalam kurun waktu ini juga," imbuhnya, tanpa menyebut target penyelesaian.

Jalan tol sepanjang 30 km itu nantinya akan melalui beberapa desa di Kecamatan Sayung, Kecamatan Karangtengah, Kecamatan Wonosalam, dan Kecamatan Demak Kota.

"Ini masih berjalan terutama yang di daerah Semarang, kalau Demaknya malah sudah siap," pungkas Herry.

Jalan tol Semarang-Demak juga bisa berpotensi sebagai tanggul penahan rob, sehingga air laut tidak sampai masuk ke jalan nasional. Peristiwa rob kadang terjadi di Pantura Semarang, tepatnya wilayah Terboyo dan Genuk.

"Belum ke arah sana (sebagai tanggul). Kalau kaitannya perlu tanggul, bisa memanfaatkan lingkar atas," terang Herry.

Jika tol Semarang-Demak sudah rampung, maka akan bisa terkoneksi dengan tol Semarang-Solo dan juga tol Batang-Semarang. "Nantinya bisa tol to tol," tandas Herry.
(alg/wdl)

sumber :