javascript:void(0)

your direction from here


View tol semarang ungaran in a larger map
happy chinese New Year 2021

cari di blog ini

Selasa, 18 Juni 2013

JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang : Sisa Ruas Tinggal Sepanjang 12 M


dahlan iskan
JAKARTA – Jika tidak ada bencana alam, pembangunan jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang segera rampung. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menargetkan, jalan layang sepanjang 3,44 kilometer itu akan siap dalam 28 hari ke depan.

”Kemacetan di kawasan ini diharapkan juga bisa terurai dengan dioperasikannya jalan ini. Ditargetkan dalam 28 hari selesai, jika tidak ada gangguan alam semisal hujan deras, dan gangguan besar lainnya,” ujar Dahlan Iskan saat meninjau langsung JLNT di perlintasan Karet, Jakarta Pusat, Senin (17/6).

Menurut Dahlan, pekerjaan pembangunan jalan itu menyisakan ruas sepanjang 12 meter saja. Sehingga, sangat sayang kalau tidak dilanjutkan hingga selesai, tekait masalah penghentian biaya pembangunan dari pemerintah provinsi DKI Jakarta.”Penghentian pembiayaan dari Pemprov DKI tidak masalah. Kita gunakan dulu uang milik perusahaan, yang penting pembangunannya selesai,” kata Dahlan.

Apalagi, lanjut dia, penghentian pembangunan JLNT sangat membahayakan. Jika terjadi getaran, seperti gempa bumi akan memengaruhi konstruksi. Bangunan proyek bisa bergeser, bahkan kemungkinan bisa roboh. Penyambungan harus dilakukan pada kedua sisi secara bersamaan. Tidak bisa satu per satu. ’’Untuk itulah tidak ada alasan lagi untuk tidak melanjutkan dan menyelesaikan proyek ini,” tegasnya.

Direktur Utama Istana Karya Kasman Muhammad, ditemui di tempat yang sama, menyatakan optimis bisa menyelesaikan penyambungan jembatan dalam 28 hari. ”Kami sudah perhitungkan, dan optimis bisa selesai dalam 28 hari,” tuturnya.

Senada dengan Dahlan, Kasman juga tidak mau memusingkan belum turunnya pembayaran dari Pemprov DKI Jakarta. Pihaknya, berusaha sebisa mungkin untuk menggunakan anggaran yang ada terlebih dahulu. ’’Masalah anggaran kami sudah atasi,’’ ucapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudi Siahaan, menyatakan dukungannya pada keseriusan Menteri BUMN Dahlan Iskan menyelesaikan pembangunan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. Ia yakin, dengan dukungan menteri BUMN, kontraktor pelaksana proyek bisa secepatnya menyelesaikan pembangunan.

’’Saya dukung langkah pak menteri yang mau datang mengecek langsung pembangunan, dan berinisiatif menyelesaikan proyek ini,” ucapnya.

Rudi mengaku memiliki pemikiran sama, bahwa JLNT segera rampung dan bisa dimanfaatkan masyarakat. ’’Intinya kami berharap masyarakat bisa segera menggunakan jalan layang ini,” tuturnya.

Sebelumnya, ada kabar proses pengerjaan proyek senilai hampir Rp 1 triliun tersebut tersendat selepas terjadinya peralihan kepemimpinan di lingkungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Padahal, pengerjaan proyek tersebut seharusnya selesai pada akhir tahun lalu sesuai buku anggaran pemprov. (wok/rw)
 
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar